Search :
Advance

Ika Risdian. SISTEM AKUNTANSI KAS KECIL PADA BPJS KESEHATAN KC. BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

RINGKASAN Laporan Kerja Praktek (LKP) merupakan tugas akhir mahasiswa Program Studi Diploma DIII Akuntansi Universitas Syiah Kuala setelah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 2 (dua) bulan pada BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh dan telah mendapatkan bimbingan dari dosen pembimbing. Penulisan Laporan Kerja Praktek ini bertujuan untuk mengetahui sistem akuntansi kas kecil yang digunakan oleh BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh sehubungan dengan metode yang digunakan serta pembentukan, pencatatan dan pelaporan kas kecil sehingga dapat diketahui bahwa sistem akuntasi kas kecil yang dilakukan telah sesuai dengan ketentuan SAK. Berdasarkan dari pembahasan Laporan Kerja Praktek ini, maka dapat dikemukakan bahwa BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh telah menyediakan dana yang disebut kas kecil yang bertujuan untuk menunjang kelancaran aktivitas pengeluaran kas dan mengatasi segala pengeluaran kas yang bersifat segera, sehingga aktivitas pengeluaran kas dapat berjalan dengan lancar. Kas kecil pada BPJS kesehatan KC. Banda Aceh menggunakan metode imprest system, dimana setiap pengeluaran tidak langsung dijurnal dan bukti pengeluaran di simpan atau di arsipkan untuk di pergunakan saat membuat pelaporan pertanggungjawaban di setiap akhir bulan. BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh, sudah menggunakan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Sistem akuntansi pada BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh dalam pengelolaan dana kas kecil telah sesuai dengan kebijakan, menggunakan metode pencatatan accrual basic walaupun masih terjadi perubahan dan belum semua berjalan dikarenakan masih dalam masa transformasi. Semua transaksi keuangan dilakukan pada portal aplikasi BPJS Kesehatan yang hanya dapat dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan sistem akuntansi kas kecil pada BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh berpedoman pada alur kerja untuk seluruh kantor cabang dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota (KLOK). Semua kegiatan kas kecil di bawah pengawasan Kepala Kantor Cabang dan kepala Unit Keuangan, Umum dan TI termasuk kas kecil di kantor KLOK wilayah kerja kantor cabang Banda Aceh dan setiap tahun dilakukan penutupan kas kecil agar tidak terjadi kesalahan pencatatan dan pelaporan kas kecil.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN PENGETAHUAN STAFF AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH) (Mazarini, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PROSEDUR PEMBAYARAN KAPITASI KE FASILITAS KESEHATAN TINGKAT I PADA BPJS KESEHATAN KC. BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, KEMAMPUAN TEKNIK PEMAKAI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KEPERCAYAAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI EMPIRIS PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH) (Ade Maulina, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PROSEDUR LAYANAN BAGI PESERTA BPJS PADARNBPJS KESEHATAN BANDA ACEH (DEFRIZAL WAHYUDI SOFYAN, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PADA PT BANK ACEH SYARIAH DI KOTA BANDA ACEH (Siska Putri Indriyani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya