NOVA FADILA. KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL ANCHORED INSTRUCTION DI SMPN 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak pemecahan masalah merupakan suatu hal yang perlu dipelajari siswa dalam pembelajaran matematika. kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. anchored instruction merupakan sebuah model pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model anchored instruction. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas vii-i smpn 1 darul imarah aceh besar yang dipilih 3 siswa dari 26 berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah pada kemampuan pemecahan masalah. pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 4 soal berupa essai, kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui langkah yang diambil siswa dalam menyelesaikan soal tersebut. teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data miles dan huberman yang meliputi reduksi data,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (ANDRIANI, 2018) ,

nyajian data dan penarikan kesimpulan. untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di smpn 1 darul imarah sudah baik, dimana sebagian besar siswa sudah mampu menguasai tiga dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian. siswa kategori tinggi mampu menguasai indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan melihat kembali. siswa kategori sedang mampu menguasai indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian. siswa kategori rendah hanya mampu menguasai indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model anchored instruction secara keseluruhan menunjukkan dari 26 siswa, 11 diantaranya memperoleh kategori tinggi, 6 siswa memperoleh kategori sedang, dan 9 siswa memperoleh kategori rendah. kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, anchored instruction, aritmetika sosial

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : nova.fadhilah@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI REACT DI SMPN 17 BANDA ACEH (RIMA SYAFRINA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi