RIMA SYAFRINA. KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI REACT DI SMPN 17 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah, mengasosiasi, merancang model, menyelesaikan model dan menganalisis. pemecahan masalah merupakan proses berpikir untuk memperoleh suatu masalah dan menyelesaikan dengan memanfaatkan pengalaman yang ada untuk diambil suatu kesimpulan. namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah. salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu dengan menerapkan strategi react. tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui strategi react di smpn 17 banda aceh; 2) kendala yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-1 smpn 17 banda aceh yang

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Putri Ariyadi, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH (LAILATUL QADRI, 2019) ,

lah 27 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi react. wawancara dilakukan untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah. hasil tes dan wawancara dianalisis secara deskriptif. hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase siswa 18,52%, kategori tinggi 40,75%, kategori cukup 33,33%, kategori rendah 3,70% dan kategori sangat rendah 3,70%. berdasarkan hasil wawancara siswa dan analisis terhadap lembar jawaban siswa diperoleh kendala siswa dalam pemecahan masalah yaitu kesulitan merencanakan penyelesaian, keterbatasan waktu, pemahaman konsep belum maksimal, kurang teliti memecahkan masalah, kurang teliti dalam perhitungan matematis dan kesulitan dalam memahami masalah. kata kunci: kemampuan matematis, kemampuan pemecahan masalah, strategi react

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : rimasafrina51@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

INTUISI SISWA SMK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER (Nazariah, 2017) ,

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR (RAHMAT, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi