KHALIDA ZIA CITRA PRATIWI. PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI RUPA MELALUI TEKNIK MONTASE KELAS IV DI SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak pratiwi, khalida, zia citra. 2019. pengembangan kreativitas peserta didik pada materi seni rupa melalui teknik montase kelas iv di sd negeri 3 samadua aceh selatan. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : (1) nurmasyitah, s.pd.,m.ed. (2) dra. rosma elly, m.pd. kata kunci : pengembangan kreativitas, seni rupa, teknik montase pada materi seni rupa melalui teknik montase merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kreativitas peserta didik pada materi seni rupa melalui teknik montase kelas iv di sd negeri 3 samadua aceh selatan. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif. adapun sumber data dalam penelitian ini berdasarkan hasil karya montase peserta didik kelas iv sd negeri 3 samadua aceh selatan. kemudian karya montase tersebut dinilai

Baca Juga : PEMBELAJARAN SENI RUPA TERAPAN DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 11 LANGSA (TRINA ELLORA, 2015) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (NINING SURLIANI, 2018) ,

untuk mengetahui pengembangan kreativitas peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik observasi dengan cara melihat proses pembelajaran berlangsung di lokasi penelitian, melakukan wawancara dengan guru kelas iv sd negeri 3 samadua aceh selatan, kemudian mengambil dokumentasi hasil karya montase yang dibuat oleh peserta didik. berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perlu adanya pengembangan kreativitas peserta didik yaitu khususnya pada materi seni rupa melalui teknik montase supaya peserta didik lebih bebas mengembangkan kemampuan dan kreativitas yang mereka miliki, bebas mengembangkan ide-ide yang menarik, dan tidak lupa motivasi serta bimbingan dari gurunya agar peserta didik mampu menciptakan suatu karya montase yang lebih baik. penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kreativitas peserta didik pada materi seni rupa melalui teknik montase kelas iv di sd negeri 3 samadua aceh selatan sangat berkembang dengan baik. karena guru menuntun kegiatan pengembangan krativitas sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, minat dan berekspresi menggunakan berbagai media seni rupa. guru juga memberikan bimbingan dan motivasi agar peserta didik senang melakukan kegiatan berkarya yang berkaitan dengan pengalaman dan kemampuan yang

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : khalidazia_citrapratiwi@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS IV SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN (RICHA AMALIA, 2019) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013) ,

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI KARYA MOZAIK DI KELAS III SD NEGERI IBOIH KABUPATEN PIDIE (Resa Farina, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi