Tasya Utari Putri. PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE MAIN PERAN DI PAUD NURUL IMAN BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak putri, tasya utari. 2019. perkembangan kecerdasan interpersonal anak melalui metode main peran di paud nurul iman banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syah kuala. pembimbing. (1) dr. israwati, m. si (2) hijriati, m. pd. i kata kunci: kecerdasan interpersonal, metode main peran kecerdasan interpersonal adalah kemampuan dalam bersosialisasi dengan orang lain yang berada di sekitarnya. permasalahan yang terjadi pada anak usia 4-5 tahun yang berada di tk a paud nurul iman banda aceh, anak-anak di paud tersebut belum terbiasa bekerjasama dengan teman-temannya dan anak-anak masih bersifat individual. dalam hal kerjasama dapat dilihat pada sebuah permainan anak belum menaati peraturan yang berlaku dan anak sering sekali tidak mau membagikan mainan kepada teman-temanya. berdasarkan permasalahn tersebut terlihat bahwa perkembangan kecerdasan interpersonal anak belum berkembang secara optimal.

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Misna Hanum, 2018) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD BUAH HATI KABUPATEN ACEH TENGAH (Wulan Suci Magfirah, 2017) ,

elitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan interpersonal anak melalui metode main peran di paud nurul iman banda aceh. metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berada di kelas tk apaud nurul iman banda aceh yang berjumlah 10 orang. teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, unjuk kerja dan wawancara. data yang ditemukan dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengamatan pertamaperkembangan kecerdasan interpersonal melalui metode main peran, dari 10 orang anakterdapat 2 orang anak belum berkembang (bb)kecerdasan interpersonalnya, 4 orang anak mulai berkembang (mb), 2 orang anak berkembang sesuai harapan (bsh) dan 2 orang anak berkembang sangat baik (bsb). pada pertemuan kedua terjadi peningkatan, 1 orang anak yang belum berkembang (bb), 6 orang anak berkembang sesuai harapan (bsh), dan 3 orang anak berkembang sangat baik (bsb). kesimpulan dari penelitian ini bahwa perkembangan kecerdasan interpersonal anak di paud nurul iman melalui metode main peran menunjukkan perkembangan yang lebih baik.perkembangan kecerdasan interpersonal anak terlihat dari perubahan sikapnya yaitu, anak sudah terbiasa bekerjasama, saling berbagi, mentaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan, anak mampu menunjukkan peran yang dimainkan, anak dapat berkomunikasi dengan baik, dan anak mampu menunjukkan rasa empati.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : tasya18_utari@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAKAH-MAKAH DI TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (Gracia Mandira, 2017) ,

PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI PAUD NURUL IMAN DARUSSALAM-BANDA ACEH (Husna Dewi, 2018) ,

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SERTA GIZI ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI PAUD NURUL IMAN KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Khaliza Maulina, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi