Search :
Advance

Putri Ayu Amalia. HUBUNGAN KADAR ANTI DS-DNA DENGAN MANIFESTASI KLINIS PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

ABSTRAK Lupus eritematosus sistemik (LES) merupakan penyakit autoimun kronis yang menyebabkan inflamasi dengan beragam manifestasi klinis, patofisiologi dan prognosis. LES menjadi penyakit reumatik utama di dunia selama 30 tahun terahir dengan prevalensi yang bervariasi pada berbagai populasi, antara 2,9/100.000-400/100.000. Salah satu pemeriksaan laboratorium yang dilakukan terhadap pasien LES adalah uji serologi untuk pemeriksaan autoantibodi. Anti ds-DNA positif dengan kadar yang tinggi dijumpai pada 73% pasien LES dan mempunyai arti diagnostik dan prognostik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara kadar anti ds-DNA dengan manifestasi klinis penyakit LES di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik dengan studi cross sectional dilakukan pada 30 responden dengan metode total sampling. Penelitian pada tanggal 12 Februari-12 Maret 2013 di bagian penyakit dalam (Poli dan ruang rawat Mamplam I dan Mamplam II) RSUDZA Banda Aceh. Kadar anti ds-DNA dan manifestasi klinis didapatkan dengan mencatat data sekunder dari rekam medik dan wawancara langsung pasien. Hasil penelitian ini 50% pasien berusia 26-35 tahun, 96,7% pasien berjenis kelamin perempuan, 80% pasien dengan positif anti ds-DNA dan arthritis merupakan gangguan klinis terbanyak (90%). Kesimpulan, hasil analisis uji Chi- Square, hanya didapat hubungan antara kadar anti ds-DNA dengan manifestasi klinis gangguan hematologi penyakit LES di RSUDZA Banda Aceh. Kata kunci : LES, ds-DNA, manifestasi klinis

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN SYMPTOM DEPRESI PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmat Zuaidi, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN PENYAKIT DENGAN KELELAHAN PADA PASIEN LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (HASNA HANIFAH, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN KADAR ANTI DS-DNA DENGAN MANIFESTASI KLINIS PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Putri Ayu Amalia, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN KADAR ANTI DS-DNA DENGAN MANIFESTASI KLINIS PENYAKIT LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Putri Ayu Amalia, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya