Rizka Pribadi. RANCANG BANGUN SISTEM OFFLINE E-LEARNING UNTUK MEMBANTU PENGAJAR MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN PADA KAMP PENGUNGSIAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Bencana alam yang terjadi di indonesia mengakibatkan banyak kerusakan terutama kerusakan fasilitas pendidikan. pada tahun 2015, kerusakan fasilitas pendidikan di indonesia yang terjadi akibat bencana alam mencapai 309 unit. kerusakan tersebut mengakibatkan kualitas pendidikan di daerah yang terkena bencana menjadi menurun terutama di kamp pengungsian. kekurangan dari sistem pendidikan di kamp pengungsian terletak pada kurangnya buku, kurangnya tenaga pengajar yang terlatih dan kurangnya fasilitas yang mendukung proses kegiatan belajar. untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu penyelenggaraan pendidikan di kamp pengungsian, seperti e-learning. ada beberapa e-learning bersifat open source yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran, seperti moodle, sakai, atutor, claroline, dokeos dan ilias. namun, di kamp pengungsian e-learning tersebut tidak bisa digunakan karena untuk mengaksesnya dibutuhkan koneksi internet. berdasarkan hal

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016) ,

Baca Juga : RANCANG BANGUN APLIKASI SKULA UNTUK MEMBANTU PELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA KAMP PENGUNGSIAN (Adelia Safitri, 2019) ,

t, maka dibangun suatu sistem e-learning yang dapat diakses secara offline dan memuat semua kebutuhan kegiatan belajar agar dapat digunakan di kamp pengungsian. aplikasi dibangun dengan menggunakan framework laravel dan menggunakan metode user centered design (ucd) yang melibatkan pengalaman pengguna selama proses pengembangan aplikasi. sistem pada aplikasi ini diuji menggunakan unit test dan integration test. berdasarkan hasil pengujian, semua sistem pada aplikasi telah sesuai dengan luaran yang diharapkan. untuk usability kinerja aplikasi diuji menggunakan usability testing dengan 5 pengukuran yakni task success, time on task, error, effeciency, dan learnability. berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini memiliki tingkat kinerja yang terus membaik dengan membandingkan pengujian pada tampilan yang telah diperbaiki. sedangkan pengujian usability aplikasi secara keseluruhan diuji menggunakan metode system usability scale (sus). berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini berada pada katagori acceptable dengan skor 89,69. sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh pengguna. kata kunci: pendidikan kamp pengungsian, e-learning, framework laravel,

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : zoeylive08@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X (Erwanda, 2019) ,

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019) ,

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI BAHAN BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Arya Utama Timur Galang Adil, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi