Yanizar. PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Yanizar. 2017. pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik sman i labuhanhaji timur kabupaten aceh selatan. pembimbing i dr. hasanuddin, m.si., pembimbing ii prof. dr. m. ali s., m.si. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan lkpd berbasis pbl pada materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik sman i labuhanhaji timur. pengambilan data dilakukan pada bulan september 2016, dengan metode true experimental design dengan pre-test post-test, control group design yang dilaksanakan di sman 1 labuhanhaji timur, pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu xi ipa 1 sebagai kelas kontrol dan xi ipa 2 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan; 1) tes

Baca Juga : PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017) ,

Baca Juga : PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017) ,

r kritis, untuk melihat pengaruh lkpd berbasis pbl terhadap berpikir kritis; 2) angket motivasi, untuk melihat pengaruh lkpd berbasis pbl terhadap motivasi belajar; 3) tes hasil belajar, untuk melihat pengaruh lkpd berbasis pbl terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. uji homogenitas dilakukan dengan uji f, uji normalitas dengan uji lilifors, dan uji-t pada taraf signifikan 0,05. hasil pengujian dilakukan untuk melihat homogenitas dan kenormalan data dan menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu untuk berpikir kritis 2,969 > 1,685, motivasi belajar 3,465 > 1,685 dan hasil belajar kognitif peserta didik 2,611 > 1,685. simpulan terdapat pengaruh signifikan pembelajaran dengan lkpd berbasis pbl terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan di sman 1 labuhanhaji timur aceh selatan. kata kunci: lembar kerja peserta didik, model problem based learning, berpikir kritis, motivasi belajar, hasil belajar, struktur dan fungsi jaringan pada

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (MUHAMMAD RIFQI, 2019) ,

ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (YUSRIATI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi