ADELFA YURIANSA. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN POLA DI TK IT AZKIA CADEK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak yuriansa, adelfa. 2019. mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain pola di tk it azkia cadek kecamatan baitussalam kabupaten aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. amsal amri, m.pd (2) dra. yuhasriati, m.pd kata kunci : kemampuan kognitif, bermain pola, anak usia dini kemampuan kognitif yang harus dimiliki anak usia 5-6 tahun anak sudah mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran 3 variasi, mengenal pola abcd-abcd, dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya. anak kelompok b harus mampu mengenal pola ab-ab, abc-abc dan mengulanginya. kenyataan dilapangan anak usia 5-6 tahun pada tk it azkia cadek kecamatan baitussalam kabupaten aceh besar anak masih belum dapat membuat pola dengan benar. penelitian ini

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016) ,

Baca Juga : PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN KLASIFIKASI DI RA PERWANIDA BANDA ACEH (Hadana Afidah Karimah, 2019) ,

ertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anakdalam bermain pola usia 5-6 tahun di tk it azkia cadek kecamatan bitussalam aceh besar. penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 orang anak, terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan. data diambil menggunakan hasil dari lembaran kerja peserta didik (lkpd). berdasarkan hasil penelitian pada pertemuan pertama ada 13 orang anak sudah mampu mewarnai umbul-umbul dengan pola ab-ab mendapatkan skor 3. pertemuan kedua meningkat menjadi 15 orang anak yang sudah mampu menempel pola ab-ab melalui kegiatan menempel potongan rumah adat mendapatkan skor 3, dan pertemuan ketiga 18 orang anak sudah mampu meronce dengan pola abc-abc mendapatkan skor 4. disimpulkan bahwa melalui bermain pola dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak di tk it azkia cadek kecamatan baitussalam kabupaten aceh besar. disimpulkan berdasarkan analisis data diperoleh bahwa perkembangan kognitif anak dalam membuat pola, 1) melalui kegiatan mewarnai 13 dari 20 orang anak berhasil membuat pola ab-ab, 2) melalui kegiatan menempel 15 dari 20 orang anak berhasil membuat pola ab-ab, 3) melalui kegiatan meronce 18 dari 20 orang anak berhasil membuat pola abc-abc, 4) bermain pola dapat melatih kemampuan motorik dan perkembangan sosial emosional

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : Adelvayuriansa@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016) ,

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR (Ria Estikawati, 2018) ,

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI PAUD KARAWARA-WA KABUPATEN ACEH BESAR (Ismanida, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi