Mukhlis. EVALUASI KONDISI STRUKTUR PERKERASAN LENTUR DI ATAS TANAH EKSPANSIF (STUDI KASUS RUAS JALAN BIREUEN-TAKENGON STA.70+175 - STA.74+925). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Evaluasi kondisi struktur perkerasan lentur di atas tanah ekspansif (studi kasus ruas jalan bireuen-takengon sta.70+175 s/d sta.74+925) oleh mukhlis nim: 1309200060069 komisi pembimbing: 1. dr. ir. yuhanis yunus, m.eng 2. dr. ir. sofyan m. saleh, m.sc.eng abstrak perkerasan jalan pada ruas jalan bieruen-takengon sering mengalami kerusakan pada bagian struktur perkerasannya, hal ini disebabkan struktur perkerasan jalan tersebut terletak di atas tanah ekspansif yang mengalami proses potensi pengembagan dan penyusutan yang disebabkan oleh pengaruh perubahan kadar air. metode penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik tanah dasar dan menganalisis struktur perkerasan lentur pada bagian pelebaran jalan eksisting. lokasi penelitian yang ditinjau adalah pada sta.70+175 s/d sta.74+925 dengan panjang jalan 4,750 km dan lebar rata-rata 5,41m yang terletak di kabupaten bener meriah kecamatan timang gajah. dalam penelitian ini data

Baca Juga : ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015) ,

Baca Juga : EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017) ,

diperoleh dari instansi yang terkait, sedangkan data primer diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan dengan pengambilan sampel tanah di beberapa segmen jalan untuk dilakukan pengujian di laboratorium, sedangkan data struktur perkerasan lentur dianalisis dengan mengunakan program kenpave, yang struktur perkerasannya dimodelkan sebagai multi-layered system yang analisisnya didekati dengan teori lapisan elastis. hasil analisis menunjukkan tanah dasar jalan termasuk kedalam lanau mh & oh dengan nilai pi 25,42%, ll 64,25% serta tingkat potensi pengembangan dan tingkat aktivitasnya termasuk dalam kategori sedang s/d tinggi. dari hasil analisis program kenpave, bahwa desain struktur perkerasan lentur berdasarkan data perencanaan memiliki nilai tegangan dan lendutan maksimal pada tanah dasar adalah sebesar 0,1814 kg/cm vi 2 dan 0,0585 cm, sedangkan berdasarkan data jobmix formula memiliki nilai tegangan dan lendutan maksimal sebesar 0,2444 kg/cm 2 dan 0,0585 cm, yang mana kedua tegangan dan lendutan tersebut masih berada pada batas yang diizinkan sebesar 7,8 kg/cm dan 2,5 cm. dari hasil evaluasi kedua data tersebut layak digunakan sebagai desain peningkatan pada ruas jalan tersebut karena tekanan yang dihasilkan oleh berat struktur perkerasan sebesar 1,949 kg/cm 2 , sedangkan tekanan mengembang yang terjadi pada tanah dasar sebesar 1,805 kg/cm 2 . hal ini menunjukkan bahwa tanah dasar masih mampu dalam memikul beban pada struktur perkerasannya. kata kunci : tanah ekspansif, perkerasan lentur, kenpave.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN ELAK IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA TAHUN 2017 (Wahyu Ikramullah, 2017) ,

PENILAIAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DAN PERKIRAAN BIAYA PENANGANAN KERUSAKAN PADA JALAN TAKENGON BLANGKEJEREN (STUDI KASUS STA 02+370 S/D STA 15+000) (BAIHAQI, 2017) ,

UJI LAIK FUNGSI JALAN TERHADAP TEKNIS STRUKTUR PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS PADA RUAS JALAN ELAK SOEKARNO-HATTA, BANDA ACEH) (Deddy Riad, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi