Husna Dewi. PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI PAUD NURUL IMAN DARUSSALAM-BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak dewi, husna. 2017. pengembangan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini melalui permainan engklek di paud nurul iman. skripsi, jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. bahrun, m.pd (2) taat kurnita y, s.pd, m.pd kata kunci : kecerdasan kinestetik, permainan engklek. kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide, perasaan dan menggunakan tangan untuk menghasilkan atau mentransformasi sesuatu dan kecerdasan ini mencakup koordinasi, keseimbangan, ketangkasan, kekuatan, fleksibelitas dan kecepatan. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan engklek di paud nurul iman. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek dalam penelitian

Baca Juga : PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TEMPURUNG KELAPA DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Desi Lestari, 2016) ,

Baca Juga : PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE MAIN PERAN DI PAUD NURUL IMAN BANDA ACEH (Tasya Utari Putri, 2019) ,

ini adalah anak kelompok tk bii, berjumlah 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. data dikumpulkan melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. penelitian ini memfokuskan pada kecerdasan kinestetik melalui permainan engklek yaitu anak mampu meloncat pada kotak permainan engklek pada koordinasi tangan dan kaki serta koordinasi mata dan kaki. hasil penelitian ini adalah melalui permainan engklek dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia dini. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus i yang belum berkembang berjumlah 1 anak (7,7%), mulai berkembang berjumlah 3 anak (23,1%), berkembang sesuai harapan berjumlah 6 anak (46,1%) dan berkembang sangat baik berjumlah 3 anak (23,1%). siklus ii berkembang sesuai harapan berjumlah 2 anak (15,4%) dan berkembang sangat baik berjumlah 11 anak

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : husna13dewi06aminsyah93@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ACEH DI PAUD IT AL-FATIH BANDA ACEH (Reshi Yufitsa, 2016) ,

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Misna Hanum, 2018) ,

PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LABIRIN DI PAUD JANTONG HATEE MA KABUPATEN BIREUEN (Nanda Safira, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi