LIZA RAHMAH. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak liza rahmah. 2018. pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri melalui elpsa framework berbantuan geogebra untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam pendidikan di indonesia. salah satu materi yang memerlukan kemampuan komunikasi adalah trigonometri, khususnya dalam memvisualisasi grafik fungsi trigonometri. pembelajaran yang tidak mengarahkan siswa dalam mengkonstruk ide-ide yang dimiliki menyebabkan terhambatnya komunikasi dalam menginterpretasikan kesimpulan tentang karakteristik dari grafik fungsi trigonometri. pembelajaran melalui elpsa framework berbantuan geogebra dapat meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran trigonometri. belum tersedianya perangkat pembelajaran melalui elpsa framework dan berbantuan geogebra membuat guru tidak bisa melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat

Baca Juga : PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI ELPSA FRAMEWORK (Dessy Amalia, 2017) ,

belajaran trigonometri melalui elpsa framework berbantuan geogebra yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan plomp yang meliputi tahap preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (perancangan/pembuatan prototipe), dan assesment phase (penilaian). perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu buku panduan, rpp, lkpd dan tkm. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri melalui elpsa framework berbantuan geogebra diterapkan pada materi grafik fungsi trigonometri dengan pembelajaran yang dirancang menuntut siswa mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran trigonometri melalui elpsa framework berbantuan geogebra yang terdiri dari buku panduan, rpp, lkpd dan tkm memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. kata kunci: perangkat pembelajaran, trigonometri, elpsa framework, geogebra, komunikasi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : liza.91@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRAL MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN SOFTWARE MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA (Siti Hajar, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018) ,

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi