Zurriati. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak zurriati : pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas xi sman 1 seulimuem. pembimbing i pembimbing ii drs. zainal abidin, a. w. m. si nurasiah, s. pd., m. pd kata kunci : pengaruh, pembelajaran koopeatif, kartu arisan pembelajaran yang tidak menyenangkan membuat siswa tidak semangat belajar, model pembelajaran tipe kartu arisan merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas xi sman 1 seulimuem. 2) apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di kelas xi sman 1 seulimuem. tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM (MENGIRIM MASALAH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMAN 1TEUNOM (RINALDI, 2016) ,

Baca Juga : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG (nurmahalis, 2013) ,

si belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas xi sman 1 seulimuem. 2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di kelas xi sman 1 seulimuem. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi sman 1 seulimuem dengan jumlah siswa keseluruhan 186 siswa. pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi is 1 sebagai kelas control dan xi is 3 sebagai kelas eksperimen. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. hipotesis diuji menggunakan rumus uji-t. berdasarkan hasil pengolahan diperoleh thitung = 0,872 dan ttabel = 2,089. jadi, thitung = 0,872> ttabel = 2,089, maka h0 tolak dan ha diterima. dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran tipe kartu arisan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas xi sman 1 seulimum, dan juga tidak terdapat kendala yang berarti selama penerapan model pembelajaran tipe kartu arisan pada siswa kelas xi sman 1

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : zurriatimanis@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SPOTLIGHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN 1 BAITUSSALAM (Runi Afrurida, 2016) ,

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS RNXI SMAN 8 BANDA ACEH (Sri Ramadiana, 2014) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi