NUR KISAH HAYATI. MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI PAUD IT HAFIZUL ILMI BLANG KRUENG. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak hayati, nur kisah. 2017. mengembangkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan di paud it hafizul ilmi blang krueng. skripsi. jurusan pendidikan guru anak usia dini. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. yuhasriati, m.pd (2) dewi fitriani, s.ag. m.ed kata kunci : keterampilan berbicara, metode bercerita, boneka tangan, anak usia dini penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan di paud it hafizul ilmi blang krueng. keterampilan berbicara yang dimaksud dalam penelitian ini ialah kemampuan anak dalam mengucapkan kosakata dengan benar dan jelas serta terampil bercerita sesuai dengan alur cerita secara runtun. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 8 orang anak usia 5-6 tahun pada jenjang tk b di paud it hafizul ilmi blang krueng. data untuk

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI PAUD AL-KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMATUL ULLYA, 2019) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR (Ria Estikawati, 2018) ,

an ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. berdasarkan hasil penelitian dari beberapa tindakan mulai dari siklus i, dan siklus ii dapat disimpulkan bahwa, mengembangkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan menerapkan metode bercerita menggunakan boneka tangan di paud it hafizul ilmi dilakukan dengan cara peneliti bercerita dengan posisi duduk anak membentuk lingkaran dan peneliti berada diantara posisi duduk anak. kegiatan yang dilakukan adalah tanya jawab tentang isi cerita dengan anak selama kegiatan bercerita. anak diberi kesempatan untuk menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan baik menggunakan boneka tangan saja maupun dengan penambahan media yaitu panggung boneka. keterampilan berbicara anak kelompok b paud it hafizul ilmi setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus menunjukkan perkembangan yang baik yaitu anak dapat mengucapkan kosakata dengan benar dan jelas serta sudah mampu menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan guru dan runtun tanpa bantuan guru. abstract hayati, nur kisah. 2017. developing children's speaking skill through storytelling method with handmade in paud it hafizul ilmi blang krueng. thesis, early childhood education program, faculty of teacher training and education, syiah kuala university. counselor: (1) dra. yuhasriati, m.pd (2) dewi fitriani, s.ag.m.ed keywords :speaking skill, storytelling method, hand puppet, early childhood this research aims to develop the speaking skills of children aged 5-6 years with the implementation of storytelling methods using hand puppets in paud it hafizul ilmi blang krueng. speech skills related to this study is the ability of children in uttering vocabulary correctly, clearly and skillfully in telling stories according to the story line in a sequence. this research is a class action research with the subject of study as many as 8 children aged 5-6 years at the level of kindergarten b in paud it hafizul ilmi blang krueng. observation technique is used t collect the data for this study and analyzed by qualitative descriptive. based on the outcomes of research from several actions starting from cycle i, and cycle ii. it can be concluded that, developing the speaking skills of children aged 5-6 years by applying the method of story telling using hand puppet in paud it hafizul ilmi done by the researcher by tells the story with the position of the child sitting in a circle and researchers are in the position of between children. the activities carried out are question and answer about the content of the story with the child during the activities of story telling. children are given the opportunity to retell the story that has been told either using hand puppets alone or with the addition of the media that is the puppet stage. the speech skills of the children's group b paud it hafizul ilmi after the action in 2 cycles showed a good development that the child can say the vocabulary correctly and clearly and has been able to retell the story sequentially that has been told by the teacher without the help of

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : nurkisah@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK MELALUI GERAK TARI RANUP LAMPUAN DI TK-IT HAFIZUL ‘ILMI BLANG KRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKA YUANDA PUTRI, 2018) ,

MENGEMBANGKAN NILAI MORAL AGAMA ANAK MELALUI METODE CERITA ISLAMI DI PAUD IT HAFIZUL ‘ILMI (NOVA YULIA RISKA, 2018) ,

MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK BUNGA BANGSA (Nova Novita, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi