Misna Hanum. MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak hanum, misna. 2018. mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui permainan tradisional som-som aneuk di paud nurul hidayah kecamatan darussalam kabupaten aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. anizar ahmad, m.pd (2) dra. rosma elly, m.pd. kata kunci : kecerdasan interpersonal, permainan som-som aneuk. kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorang dalam berinteraksi dan memahami perasan orang lain, fokus kecerdasan interpersonal melalui permainan som-som aneuk yaitu kemampuan berinteraksi anak dalam memahami aturan, bermain dengan teman sebaya dan bekerjasama. bagaimana mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui permainan tradisional som-som aneuk di paud nurul hidayah menjadi kajian dalam penelitian ini. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kecerdasan interpersonal

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Wirra Arrahmah, 2018) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI PAUD NURUL IMAN DARUSSALAM-BANDA ACEH (Husna Dewi, 2018) ,

ak usia dini melalui permainan som-som aneuk di paud nurul hidayah. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. subjek penelitian ini adalah anak kelompok b, berjumlah 8 orang yang terdiri atas 2 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja, dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal peneliti menstimulasi dan memotivasi anak dengan memberikan contoh cara bermain som-som aneuk, lalu anak bermain sesuai dengan aturan yang diperkenalkan. hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak melalui permainan som-som aneuk pada siklus i, anak yang mulai berkembang berjumlah 3 orang, berkembang sesuai harapan berjumlah 2 orang dan berkembang sangat baik berjumlah 3 orang. perkembangan kecerdasan interpersonal siklus ii, anak yang mulai berkembang berjumlah seorang, berkembang sesuai harapan berjumlah seorang dan berkembang sangat baik berjumlah 6 orang. disimpulkan bahwa melalui permainan som-som aneuk dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. sebaikya untuk mengoptimalkan perkembangan anak, guru dapat memperkenalkan permainan-permainan tradisional lainnya kepada anak sejak usia dini. abstract hanum, misna. 2018. developing interpersonal intelligence of early age children through traditional game som-som aneuk in paud nurul hidayah sub-district darussalam, aceh besar regency. thesis, department of early childhood teacher education, faculty of teacher training and education. university of syiah kuala. counselor: (1) dr. anizar ahmad, m.pd (2) dra. rosma elly, m.pd. keywords: interpersonal intelligence, game som-som aneuk. interpersonal intelligence is someone’s ability to interact and understand someone else feeling, the focus of interpersonal intelligence through the game som-som aneuk is the children’s interactions ability in understanding the rules, playing with friends of the same age and working together. how to developing early age children interpersonal intelligences through the traditional game som-som aneuk in paud nurul hidayah became a study in this research. the purpose of this research is to determine the interpersonal intelligences development of early age children through the game som-som aneuk in paud nurul hidayah. this study used classroom action research approach which is conducted in 2 cycles. the subjects of this study were children of group b, amounted to 8 people consisted of 2 male and 6 female. data collected through observation and performance, in developing interpersonal intelligence, researcher stimulate and motivate the children by giving examples of how to play som-som aneuk, and then children play according to the rules given. the results showed that the children’s interpersonal intelligences through the game som-som aneuk in cycle i, children who began to grow amounted to 3 people, developed as expected amounted to 2 people and developed very well amounted to 3 people. the development of interpersonal intelligence in cycle ii, children who began to grow amounted to one people, growing as expected amounted to one peple and growing very well amounted to 6 people. it was concluded that through the game som-som aneuk could develop early age children’s interpersonal intelligences. it is better for teacher to optimize the children development by introduce other traditional games to the children from an early

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : misnahanum@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE MAIN PERAN DI PAUD NURUL IMAN BANDA ACEH (Tasya Utari Putri, 2019) ,

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dila Fazilah, 2018) ,

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi