INTAN OPH DARWIN. RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ARRAHMAH KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak darwin, intan oph. 2017. ragam bahasa guru dalam interaksi kelas di taman kanak-kanak islam terpadu arrahmah kota banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. mohd harun, m.pd. (2) armia, s.pd., m.hum. kata kunci: ragam bahasa guru dalam interaksi kelas penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam bahasa guru dalam interaksi kelas di taman kanak-kanak islam terpadu arrahmah kota banda aceh. ragam masalah tentang (1) ragam bahasa apa yang dominan digunakan oleh guru tkit (2) kalimat perintah yang digunakan guru dalam interaksi kelas di tkit arrahmah kota banda aceh, (3) kalimat interogatif yang digunakan guru dalam interaksi kelas di tkit arrahmah kota banda aceh, dan (4) kalimat ekslamatif yang digunakan guru dalam interaksi kelas di tkit arrahmah kota banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. jenis penelitian adalah

Baca Juga : PERBANDINGAN STATUS GIZI ANTARA MURID LAKI-LAKI DAN MURID PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR SYIAH KUALA BANDA ACEH (Resi Devi Yanti, 2014) ,

Baca Juga : PEMBELAJARAN SENTRA SENI MUSIK DRUM DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI (Dinda Rhesti Gandhis, 2016) ,

riptif kualitatif. sumber data dalam penelitian ini adalah guru tkit arrahmah kota banda aceh, jumlah tiga orang. teknik pengumpulan data adalah teknik simak dilanjutkan dengan teknik catat dan teknik rekam. teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) seleksi data, (2) klasifikasi data, dan (3) analisis data. hasil penelitian adalah sebagai berikut. pertama, dalam interaksi kelas di taman kanak-kanak guru lebih dominan menggunakan ragam bahasa usaha atau ragam konsultatif pada saat proses belajar-mengajar berlangsung, kedua, guru menggunakan beberapa jenis kalimat dalam interaksi kelas, yaitu kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan kalimat ekslamatif. ketiga, kalimat yang digunakan guru dalam interaksi kelas lebih dominan kalimat perintah kalimat tanya, dan kalimat ekslamatif juga digunakan, keempat, dalam interaksi kelas guru sering menggunakan bahasa indonesia tidak baku. kelima, pada saat proses belajar-megajar di kelas guru menggunakan metode bernyanyi agar anak-anak tidak bosan dan mudah menyerap materi pelajaran.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : intanophdarwin@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (RATNA SARI WANGSA, 2015) ,

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017) ,

PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi