Syarifah Riska. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak riska, syarifah. 2017. perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here dengan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi di sma negeri 3 banda aceh. skripsi. jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : (1) drs. abdul wahab abdi, m.si (2) m. okta ridha maulidian, s.pd, m.pd kata kunci:perbandingan,hasil belajar,everyone is a teacher here,tutor sebaya,geografi penelitian ini berkaitan dengan membandingkan hasil belajar siswa dari penerapan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran everyone is a teacher here dan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi di sma negeri 3 banda aceh. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) ,

Baca Juga : EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014) ,

pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi kelas xi sma negeri 3 banda aceh. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi kelas xi sma negeri 3 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi sma negeri 3 banda aceh yang berjumlah 296 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive, diambil hanya dua kelas yaitu kelas xi is 1 sebanyak 22 siswa dan kelas xi is 2 sebanyak 20 siswa. teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 5,58 dan ttabel = 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 40, artinya sesuai dengan kriteria thitung>ttabel atau 5,58 > 1,68 sehingga ha diterima. simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa mata pelajaran geografi yang diajarkan dengan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas xi sma negeri 3 banda

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : arief_cofa@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBUATAN POLA DASAR WANITA DEWASA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (Triana Adhita Ramadhana, 2018) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE TEACHIG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH (Elviyana, 2019) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Erdini Susanti, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi