Search :
Advance

Andika Boy Y. ANALISIS KANDUNGAN NUTRISI LIMBAH KULIT KOPI (COFFEA SP.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEAR INFRARED REFLECTANCE SPECTROSCOPY (NIRS). Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Dalam usaha peternakan, sekitar 70% dari total biaya produksi digunakan sebagai biaya pakan. Penggunaan limbah, seperti limbah kopi yang memilki hasil samping berupa kulit kopi sebanyak 287.735 ton dapat dijadikan solusi yang baik (Direktorat Jendral Perkebunan, 2016). Namun, mengetahui kadar nutrisi limbah merupakan langkah penting karena limbah pada umumnya memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Metode analisis secara kimia (analisis proksimat) yang umum digunakan memiliki banyak kelemahan dalam analisis pakak, seperti waktu analisis yang lama dan rumit serta menggunakan bahan-bahan berbahaya dan korosif. Metode Near Infrared Reflectance Spectroscopy (NIRS) dapat dijadikan sebagai metode alternatif yang potensial karena memiliki kemampuan menganalisis dengan cepat, persiapan yang mudah, non-destructive dan tanpa menggunakan bahan kimia (Andrianyta, 2006). Namun demikian kurangnya penelitian mengenai metode ini, menyebabkan minimnya data mengenai karakteristik spektrum near infrared reflectance (NIR) dan rentang panjang gelombang optimum yang relevan dengan nutrisi pada bahan pakan ternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi akurasi metode analisis pakan dengan teknologi NIRS dalam memprediksi kandungan nutrisi limbah kulit kopi serta mengetahui panjang gelombangnya. Penelitian ini menggunakan sampel limbah kulit kopi yang dibedakan menjadi 2 spesies, yaitu robusta dan arabika dengan total 30 sampel. Sampel kemudian digiling dengan cutting mill. Sebanyak 10 gr dari tiap sampel dilakukan akuisisi spektrum dengan FT-IR IPTEK T-1516. Analisis kimia ditujukan untuk membandingkan antara data hasil analisis kimia dan metode NIRS. Parameter yang dianalisis yaitu bahan kering (BK), serat kasar (SK) dan protein kasar (PK). Data spektrum diolah menggunakan PCR dengan metode pretreatment multiplicative scatter correction (MSC) dan DeTrending (DT). Spektrum NIR sampel limbah kopi didapatkan dengan menggunakan instrumen NIR (FT-IR). Evaluasi keakuratan dan kehandalan model dievaluasi dengan melihat parameter statistik yang meliputi; koefisien korelasi (r), root mean square error (RMSE), residual predictive deviation index (RPD), dan jumlah latent variable (LV). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, metode NIRS dengan model prediksi yang sudah dibangun tidak dapat memprediksi kandungan BK. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r, R2 dan RPD yang rendah (0.58, 0.34 dan 3.06) serta RMSEC yang tinggi (3.06). Metode NIRS dapat memprediksi kandungan PK dan SK dengan baik dengan menggunakan pretreatment MSC (PK= r: 0.87, R2: 0.76, RMSEC: 0.45 dan RPD: 2.07; SK= r: 0.87, R2: 0.75, RMSEC: 2.83 dan RPD: 2.03). Prediksi kasar untuk PK dan SK didapatkan dengan menggunakan pretreatment DT (PK= r: 0.75, R2: 0.57, RMSEC: 0.60 dan RPD: 1.55; SK= r: 0.84, R2: 0.71, RMSEC: 3.06 dan RPD: 1.88)

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

APLIKASI NIRS DAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) UNTUK MENDETEKSI DAERAH ASAL BIJI KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) (Syahrul Ramadhan, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

UJI PREDIKSI KADAR VITAMIN C BUAH JERUK MANIS BERBASIS TEKNOLOGI NEAR INFRARED REFLECTANCE SPECTROSCOPY (NIRS) (MUHAMMAD NAZARULLAH, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

AKUISISI SPEKTRUM NEAR INFRARED REFLECTANCE PADA BUBUK KOPI ARABIKA (KENARY COFFEE) DAN BUBUK KOPI ROBUSTA (KOPI ULEE KARENG) (Hairatun, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KULIT KOPI (COFFEA SP.) AMONIASI SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT AYAM BROILER (Muhammad Khalil, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KOMBINASI PEMBERIAN PUPUK KOTORAN KUDA DENGAN PUPUK LIMBAH KULIT KOPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN BIOMASSA (AZOLLA MICROPHYLLA) (Raifannur, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya