Iwan Pajar. TINJAUAN KUAT GESER TANAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 31. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak penelitian ini meliputi penyelidikan tanah yang dikaji pada ruas jalan banda aceh calang km 31, pemilihan terhadap tanah tersebut karena didaerah lokasi gunung paro terjadi bencana longsor pada area ruas jalan. dengan tujuan untuk mengidentifikasi apa penyebab terjadinya tanah longsor dilokasi tersebut, berdasarkan pengujian sifat fisis dan mekanis tanah serta pengujian kuat geser tanah. penelitian ini dilaksanakan diruas jalan banda aceh calang km 31 kawasan gunug paro kecamatan lhoong kabupaten aceh besar provinsi aceh dengan titik koordinat lokasi tinjauan a-01 (tengah atas), a-02 (tengah), a-03 (tengah bawah). berdasarkan pengujian kestabilan lereng, pengujian sifat fisis tanah, dan sifat mekanis tanah. pengujian dilakukan di labolatorium, berdasarkan hasil penelitian didapatkan curah hujan dikecamatan lhoong pada bulanan maximum 1014 mm samapai bulan oktober dengan nilai 840 mm, sudut kemiringan lereng mencapai 90 derajat dengan tinggi ke muka jalan 3 meter, luas

Baca Juga : TINJAUAN KUAT GESER TANAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 31 (Iwan Pajar, 2017) ,

Baca Juga : SURVEI TANAH LONGSOR DI GUNUNG KULU JALAN BANDA ACEH-CALANG KM 40+020 KABUAPTEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN GESER LANGSUNG (Abdul Aziz, 2017) ,

rea penampang yang longsor 4129,5 m2, bidang longsor dipotongan a-a dan b-b diperoleh 0,82 m dan 1,24 m dan kedalaman bidang longsor c-c = 1.16 m dan 1.20 m, sedangkan potongan d-d = 1.42 m dan 1.33 m. dengan pengujian sifat-sifat fisis didapat berat jenis = 2,488, kadar air =38,30, berat volume tanah 1,91 gr/cm3, dan derajat kejenuhan 0,87%. berdasarkan usc tanah paro nilai tegangan (qu) maksimum tertinggi terdapat pada sampel sebesar 0,0681 kg/cm2, dengan pembentukan sudut geser dalam sebesar 9,5 derajat dan nilai kohesi c sebesar 0,600 kg/cm2. dengan kesimpulan curah hujan bulanan 1014mm, besarnya sudut mengakibatkan daya dorong meningkat, longsor terjadi akibat pelapukan batuan kedalaman 1-2 meter, tanah lempung memiliki sifat fisik dan mekanis yang khusus, diantaranya kadar air yang tinggi, angka pori yang besar, berat volume yang kecil, plastisitas indeks yang besar dan daya dukung yang rendah. kata kunci : geser tanah, lereng jalan, km

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : iwanpajar267@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR KM 35 PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG (MUHAMMAD HAFIHZ H, 2017) ,

KAJIAN TANAH LONGSOR DI GUNUNG KULU JALAN BANDA ACEH-CALANG KM 40+020 KABUAPTEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN KUAT TEKAN PRISMA BEBAS (Syafril Rona, 2017) ,

PENGUJIAN KEKUATAN GESER TANAH LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 41 (Muarief, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi