Julia Fitri. KONSTRUKSI KALIMAT INTEROGATIF BAHASA ACEH DIALEK PEUSANGAN. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak fitri, julia. 2017. konstruksi kalimat interogatif bahasa aceh dialek peusangan. skripsi, jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. wildan, m.pd. (2) armia, s.pd., m.hum. kata kunci: konstruksi, kalimat interogatif, bahasa aceh penelitian ini berupaya mengungkapkan konstruksi kalimat interogatif bahasa aceh dialek peusangan. sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kata tanya bahasa aceh yang meliputi (1) jenis kata tanya beserta fungsinya dan (2) konstruksi kalimat interogatif bahasa aceh dialek peusangan. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. data penelitian ini diperoleh dari tuturan masyarakat bahasa aceh dialek peusangan. sumber data penelitian ini adalah penutur bahasa aceh dialek peusangan di kecamatan jangka, kecamatan peusangan, dan kecamatan peusangan selatan. teknik pengumpulan data

Baca Juga : KONSTRUKSI MEU- THAT DALAM BAHASA ACEH (TINJAUAN DESKRIPTIF MORFOLOGI BAHASA ACEH PADA DIALEK PEUSANGAN) (Azwita, 2017) ,

Baca Juga : ANALISIS BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTSS LAM UJONG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (LASMY, 2016) ,

an dengan teknik simak, cakap, dan introspeksi. agar hasil penelitian terpercaya, peneliti menggunakan alat bantu rekam berupa tape recorder dan alat tulis. analisis data dilakukan dengan metode padan intralingual. metode padan intralingual adalah padan referensial dengan referensi pronomina penanya. adapun data yang diperoleh dari penelitian berjumlah 120 data. hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. pertama, pembentukan kalimat tanya dalam bahasa aceh berasal dari pronomina penanya, partikel keuh, penekanan intonasi, dan gabungan bentuk -tu. kedua, fungsi kata tanya dalam bahasa aceh diklasifikasikan menjadi sebelas, yaitu untuk menanyakan nomina bukan insan, nomina insan, sebab, alasan, keadaan dan cara, pilihan, tempat, waktu, jumlah, mengukuhkan pernyataan, dan konfirmasi. ketiga, posisi kata tanya dalam konstruksi sintaksis kalimat tanya meliputi kata tanya di awal kalimat, di tengah kalimat, dan di akhir kalimat. kata tanya di awal kalimat meliputi kata peue, peuekeuh, soe, soepo, th, pat, ho, pan, pakriban, pakn, pajan, padip/padum,. kata tanya di tengah kalimat meliputi kata peue, soe, soepo, th, pat, ho, pan, pakriban, pakn, pajan, padip. kata tanya di akhir kalimat meliputi kata peue, soe, soepo, th, pat, ho, pan, pakriban, pakn, pajan, dan padip/padum. konstruksi kalimat interogatif terbagi menjadi 4 yaitu: konstruksi kalimat tanya dengan kata tanya, konstruksi kalimat tanya dengan intonasi, konstruksi kalimat tanya dengan partikel, dan konstruksi kalimat tanya dengan gabungan bentuk

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : Juliafitri94@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

VARIASI BAHASA ACEH DIALEK ACEH BESAR DAN BAHASA ACEH DIALEK PIDIE PADA MASYARAKAT ACEH DI KOTA SABANG (mauliana, 2013) ,

RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ARRAHMAH KOTA BANDA ACEH (INTAN OPH DARWIN, 2018) ,

RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Nurjannah, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi