Search :
Advance

Narlis Juandi. PEMBUATAN BIOPLASTIK KOMPOSIT DARI PATI UMBI JANENG - KHITOSAN DENGAN PEMLASTIS MINYAK SAWIT DAN GLISEROL. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Telah dilakukan pembuatan bioplastik dari pati janeng dan khitosan. Bioplastik dengan sifat mekanik terbaik diperoleh pada komposisi pati janeng : khitosan = 1,6% : 1,4%. Penambahan pemlastis minyak sawit 3% dan gliserol 1,2% tidak mempengaruhi kekuatan tarik bioplastik secara signifikan (4,7105 Kgf/mm2 untuk minyak sawit dan 4,9211 Kgf/mm2 untuk gliserol, berturut-turut) tetapi bioplastik dengan pemlastis gliserol memiliki elongasi tertinggi (96,04%) bila dibandingkan dengan minyak sawit (7,32%). Analisa FTIR menunjukkan bahwa komponen bioplastik tidak menghasilkan gugus fungsi baru. Bioplastik yang dimodifikasi khitosan dan pemlastis dapat menurunkan suhu dekomposisi akibat pengaruh termal. Bioplastik komposit memiliki swelling ratio dan kelarutan tertinggi dan terdegradasi pada semua jenis tanah. Analisa SEM menunjukkan bahwa bioplastik dengan pemlastis minyak sawit lebih kompatibel dari bioplastik yang lain. Kata Kunci: pati janeng; khitosan; bioplastik; minyak sawit; gliserol

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK DARI KITOSAN, PATI TALAS (COLOCASIA ESCULENTA) DAN MINYAK JARAK (Gunawan Fajri, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI KITOSAN DAN PATI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA) DENGAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) SEBAGAI PEMLASTIS (Munandar, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ASETILASI PATI JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNTS) DAN APLIKASINYA SEBAGAI BIOPLASTIK (YUMI SARI MALTA, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PREPARASI DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KHITOSAN BERIKATAN SILANG EPIKLOROHIDRIN/ CANGKANG TELUR UNTUK ADSORPSI ION CADMIUM (Nisfayati, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BONGGOL PISANG KEPOK DENGAN PENAMBAHAN CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) DAN MINYAK SEREH (LEMONGRASS OIL) SEBAGAI ANTIMIKROBA DAN ANTIOKSIDAN (Irmayanti, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya