Zainur Hafiz Yusa. PENGARUH PENGINTEGRASIAN KURIKULUM KEBENCANAAN PADA MATA PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SIAGA BENCANA DI BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Pada tahun 2009, tsunami and disaster mitigation research center (tdmrc) unsyiah mengimplementasikan penerapan program sekolah siaga bencana (ssb) di banda aceh. salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesiapsiagaan bencana di sekolah ialah penerapan kurikulum berbasis bencana pada mata pelajaran sekolah yang masih minim. tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengintegrasian kurikulum kebencanaan pada mata pelajaran sekolah terhadap tingkat kesiapsiagaan bencana pada siswa sekolah menengah atas siaga bencana di banda aceh. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah analitik dengan menggunakan desain cross sectional survey. metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada para siswa dan wawancara yang dilakukan pada kepala sekolah di sman 6 dan man 2 banda aceh. hasil penelitian yang dilakukan terhadap 164 responden didapatkan sebanyak 152 orang (92,7%) siswa yang memiliki tingkat kesiapsiagaan bencana yang

Baca Juga : PENGARUH PENGINTEGRASIAN MATERI KEBENCANAAN KEDALAM KURIKULUM TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI BANDA ACEH (Sabri, 2014) ,

Baca Juga : PENDATAAN KEBUTUHAN DAN PEMAHAMAN SEKOLAH SIAGA BENCANA KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (STUDI KASUS SMP NEGERI 1) (MUHAMMAD ICHSAN, 2017) ,

tinggi, meliputi 81 orang (53,3%) yang melakukan pengintegrasian kurikulum kebencanaan secara menyeluruh, dan diikuti 71 orang (46,7%) siswa yang melakukan pengintegrasian kurikulum kebencanaan secara tidak menyeluruh. hasil uji didapatkan nilai p-value = 0,015 (p < 0,005). berdasarkan hasil uji ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa ho ditolak, yang artinya ialah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengintegrasian kurikulum kebencanaan mata pelajaran sekolah terhadap tingkat kesiapsiagaan bencana pada siswa sekolah menengah atas siaga bencana di banda aceh. kata kunci : pengintegrasian kurikulum kebencanaan, tingkat kesiapsiagaan bencana, sekolah siaga

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENDATAAN KEBUTUHAN DAN PEMAHAMAN SEKOLAH SIAGA BENCANA KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (STUDI KASUS SMP NEGERI 1) (MUHAMMAD ICHSAN, 2017) ,

PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015) ,

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (H A M D A N, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi