Titan S. ANALISIS KESTABILAN LERENG UNTUK MENENTUKAN OPTIMUM SLOPE ANGLE DENGAN METODE KESETIMBANGAN BATAS SPENCER DI JALAN BANDA ACEH-MEULABOH KM. 26,9, KEC. LEUPUNG, ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Kestabilan lereng jalan merupakan aspek yang sangat penting dalam penggunaanya oleh masyarakat umum. ketidakmantapan lereng tersebut akan berakibat longsornya batuan yang merambah ke jalan. ini terjadi akibat struktur geologi yang terdapat di lereng, keadaan air tanah berlebih, dan juga disebabkan oleh bentuk lereng yang tidak teratur. akibatnya gaya penahan terhadap batuan lereng berkurang sehingga kesetimbangan gaya yang terjadi cenderung bergeser dan lereng menjadi tidak stabil. tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai sudut kemiringan optimum dan reprofiling pada lereng melalui beberapa parameter tertentu untuk memenuhi kriteria nilai standar fos 1,5 yang telah ditentukan dari peraturan menteri pekerjaan umum n0. 22/prt/m/2007. analisis kestabilan lereng menggunakan metode kesetimbangan batas spencer karena metode ini dalam perhitungannya mempertimbangkan kondisi momen gaya dan momen kesetimbangan. dalam analisis kestabilan lereng ini dibantu perangkat lunak slide yang

Baca Juga : ANALISIS KESTABILAN LERENG MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN DENGAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) DAN SLOPE MASS RATING (SMR) DI JALAN RAYA BANDA ACEH-MEULABOH KM 20 DAN KM 27 KEC.LEUPUNG, ACEH BESAR (NAUFAL EFFENDI, 2019) ,

Baca Juga : ANALISIS KESTABILAN LERENG BERDASARKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN RMR DAN SMR DI JALAN RAYA BANDA ACEH-LHOKSEUDU, KM 30 DAN KM 31, KECAMATAN LEUPUNG, ACEH BESAR (M. Fahmi, 2019) ,

udah terintegrasi dengan metode kesetimbatas batas spencer. hasil komputasi kestabilan lereng dari tujuh slice pada lereng tersebut menunjukkan nilai rentang fos 1,19-1,47 yang mana itu belum memenuthi kriteria standar. lalu, hasil reprofiling lereng dengan tinggi bench 10 m, lebar bench 6,5 m, sudut muka bench 70, dan sudut kemiringan keseluruhan 50, maka didapatkanlah hasil komputasi desain reprofiling dengan nilai fos 1,53 yang mana telah memenuhi kriteria standar yang berlaku. kata kunci : kestabilan lereng, metode spencer, factor of safety (fos), reprofiling, dan perangkat lunak

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

KESTABILAN LERENG PADA SUNGAI AIH TRIPE DESA KENDAWI KABUPATEN GAYO LUES AKIBAT BEBAN GEMPA STATIS (Ikhwanulkiram, 2016) ,

ANALISIS KESTABILAN LERENG DAN MONITORING REAL TIME MENGGUNAKAN SLOPE STABILITY RADAR (SSR) PIT TOWN SITE BASE CAMP SISI SIDE WALL TIMUR, TAMBANG AIR LAYA DI PT. BUKIT ASAM, TBK., TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Isna Rosifa, 2018) ,

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN GEOGRID PADA RUAS JALAN BANDA ACEH-MEULABOH DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 8.2 (Fuadi Ubaidillah, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi