Search :
Advance

Kiky Moelviani. EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh infusa daun seledri (Apium graveolens L.) terhadap kadar kolesterol darah pada tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang diinduksi aloksan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 ekor tikus putih jantan strain Wistar umur 3-4 bulan dengan berat badan 150-200 gram. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap pola searah dengan 5 perlakuan 5 ulangan. Perlakuan 1 (P1) yaitu tikus yang diberikan pakan standar. Perlakuan 2 (P2) yaitu tikus yang diinduksi aloksan. Perlakuan 3 (P3) yaitu tikus yang diinduksi aloksan dan terapi infusa seledri 5% sebanyak 2 ml. Perlakuan 4 (P4) yaitu tikus yang diinduksi aloksan dan terapi infusa seledri 10% sebanyak 2 ml. Perlakuan 5 (P5) yaitu tikus yang diinduksi aloksan dan terapi infusa seledri 15% sebanyak 2 ml. Infusa daun seledri diberikan setiap pagi dan sore hari. Pemberian aloksan dengan dosis tunggal 150 mg/kg BB secara intraperitoneal dan diberikan terapi infusa daun seledri selama 14 hari. Kadar kolesterol darah tikus diperiksa dengan menggunakan metode (Cholesterol Oxidase-Peroxidase Aminoantipyrine Phenol) CHOD-PAP. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA rancangan acak lengkap. Rata-rata kadar kolesterol pada perlakuan P1, P2, P3, P4 dan P5 berurutan adalah 52,89,09; 50,418,53; 42,64,51; 40,27,19 dan 52,82,39. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian infusa daun seledri tidak menunjukkan adanya pengaruh (P>0,05) terhadap kadar kolesterol darah tikus putih jantan yang diinduksi dengan aloksan. Pemberian infusa daun seledri (Apium graveolens L.) selama 14 hari dengan konsentrasi 5%, 10% dan 15% tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol darah tikus putih jantan yang diinduksi dengan aloksan.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT SERUM TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Muharrani, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL SARANG SEMUT (MYRMECODIA SP.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN DIABETES MELITUS (Fenny Apriani, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DIABETES MELITUS SETELAH DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) (Elsa Suarni, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PEMBERIAN INFUSA DAUN LABU SIAM (SECHIUM EDULE) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG MENGALAMI ANEMIA HEMORAGI (Wido Arneldi, S.KH, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya