Reshi Yufitsa. IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ACEH DI PAUD IT AL-FATIH BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak yufitsa, reshi . 2016. implementasi permainan tradisional aceh di paud it al-fatih banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. anizar ahmad, m.pd (2) drs. johari efendi, m.pd kata kunci : implementasi, permainan tradisional aceh implementasi permainan tradisional aceh merupakan salah satu cara mengenalkan unsur nilai sosial budaya dan tradisi dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini. bagaimana jenis permainan tradisional aceh dan aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui permainan tradisional aceh menjadi kajian dalam penelitian di paud it al-fatih banda aceh. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. subjek penelitian adalah 54 orang anak dan 11 orang guru di paud it al-fatih banda aceh. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima jenis

Baca Juga : PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TEMPURUNG KELAPA DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Desi Lestari, 2016) ,

Baca Juga : PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SANDAL BATOK KELAPA DI PAUD IT HAFIZUL ‘ILMI (RAHMAYANI, 2019) ,

inan tradisional aceh yang diimplementasikan di paud it al-fatih banda aceh, yaitu (1) engklek, (2) tam-tam buku, (3) ureung buta, (4) lumpat taloe, dan (5) meupet-pet nyet. aspek yang dapat dikembangkan dari permainan tradisional aceh yang diimplementasikan enam aspek dasar perkembangan anak, (1) aspek agama dan moral,dapat dikembangkan melalui permainan engklek, tam-tam buku,ureung buta,lumpat taloe, dan meupet-pet nyet (2) aspek bahasa,dapat dikembangkan melalui permainan tam-tam buku dan ureung buta (3) aspek fisik motorik,dapat dikembangkan melalui permainan engklek, tam-tam buku, ureung buta, lumpat taloe, dan meupet-pet nyet (4) aspek kognitif,dapat dikembangkan melalui permainan engklek, lumpat taloe, dan meupet-pet nyet (5)aspek sosial emosional, dapat dikembangkan melalui permainan engklek, tam-tam buku, ureung buta, lumpat taloe, meupet-pet nyet dan (6) aspek seni, dapat dikembangkan melalui permainan engklek, tam-tam buku, ureung buta, dan lumpat taloe. disarankan kepada pengelola lembaga paud it al-fatih untuk menyediakan berbagai alat permainan tradisional aceh dan memasukkan dalam kurikulum paud it

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016) ,

PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ACEH MEURIMUENG-RIMUENG DALAM UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BANGSA PADA SISWA KELAS 3 SDN 1 KOTA BANDA ACEH (Risna Sugesti, 2018) ,

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Misna Hanum, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi