Search :
Advance

AZWARI. KAJIAN PERILAKU PETERNAK UNGGAS DALAM UPAYA PENGENDALIAN PENYAKIT AVIAN INFLUENZA DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Penelitian kajian perilaku peternak unggas dalam upaya pengendalian penyakit avian influenza di Kota Banda Aceh ini dilakukan selama empat bulan dimulai pada bulan Juni 2015 hingga September 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikan karakteristik peternak unggas dan cara pemeliharaan unggas, mengetahui faktor-faktor perilaku peternak yang paling dominan untuk mengendalikan Avian influenza (Al) di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui hubungan antara faktor perilaku peternak terhadap upaya pengendalian Avian influenza (AI) di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain penelitian studi cross sectional dengan metode wawancara dengan questioner terstruktur. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive random sampling berdasarkan desa-desa yang pernah terjangkit flu burung (AI) selama sepuluh tahun terakhir di 39 desa, sembilan kecamatan dalam Kota Banda Aceh. Analisa data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat bertujuan untuk melihat gambaran distribusi frekuensi dari masing-masing variabel dependen dan independen yang disajikan dengan menggunakan tabel dari masing-masing variabel dependen dan independen. Sedangkan untuk analisis bivariat, yang bertujuan mengetahui variabel-variabel independen yang mempengaruhi variabel dependen dilakukan dengan uji Chi Square. Untuk melihat hubungan antara variabel diuji menggunakan analisis regresi. Berdasarkan penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik peternak yang mempengaruhi adalah: tingkat pendidikan, tujuan pemeliharaan dan pemukiman tempat peternak tinggal. Faktor-faktor perilaku peternak unggas yang paling dominan dalam upaya pengendalian penyakit Avian Influenza (AI) di Kota Banda Aceh adalah sikap. Adapun hubungan antara faktor perilaku terhadap upaya pengendalian penyakit flu burung (Avian influenza)di Kota Banda Aceh menunjukkan hubungan yang lemah dan tidak signifikan.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) SUBTIPE H5N1PADA AYAM KAMARAS (FAUZIAH FITRI, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SIKAP DAN PERILAKU PETERNAK SAPI ACEH DALAM UPAYA PENGENDALIAN BRUCELLOSIS DI LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (AFNAN, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) SUBTIPE H 5N1 PADA AYAM ALPU (Nurlita, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DETEKSI VIRUS AVIAN INFLUENZA H5N1 PADA AYAM PETELUR (LAYER) DI KABUPATEN ACEH BESAR DENGAN METODE RT-PCR (REVERSE TRANSCRIPTASE-POLYMERASE CHAIN REACTION) (Samsul Muarrif, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI DENGAN PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA RNDI SMA NEGERI BANDA (Asriyana, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya