Handayani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : model pembelajaran, team quiz, hasil belajar, ips terpadu model pembelajaran kooperatif tipe team quiz adalah teknik pembelajaran dengan memainkan topik-topik yang diajarkan pada siswa yang dibagi kedalam beberapa kelompok. penelitian ini merupakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz bertujuan untuk mengetahui (1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pranata sosial; (2) apakah aktivitas guru dan siswa mencerminkan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz; (3) apakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz; dan (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-1 smp negeri 1 kuta baro yang berjumlah 14 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz pada viii -1 smp negeri 1 kuta

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNTAKE AND GIVE PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIIIRN SMP NEGERI 1 KUTA BARO (MAYSARAH FITRI, 2015) ,

o aceh besar. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe team quiz, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe team quiz, tes hasil belajar (evaluasi) siswa dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian (1) model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan individual meningkat dari 78% pada siklus pertama menjadi 86% pada siklus kedua, dan persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 30%, menjadi 90%; (2) persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru an siswa telah mencerminkan model pembelajaran kooperatif tipe team quz; (3) keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz meningkat dari katagori sedang menjadi baik sekali; dan (4) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe team quiz baik, dimana 13 siswa berpendapat bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari yaitu pranata sosial. sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pranata

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X-MIA 1 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Ornila Zumarni, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. (Ryan Nova Pahlawan, 2014) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi