Search :
Advance

MOCHAMMAD REZA. PREDIKSI EROSI DAN UPAYA KONSERVASI TANAH TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

ABSTRAK Mochammad Reza, 2015. Prediksi Erosi dan Uapaya Konservasi Tanah Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. M. Rusli Alibasyah, M.S, dan Bapak Ir. Khairullah, M.Agric, Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat erosi yang terjadi di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian menggunakan metode survei deskriptif, yang didasarkan pada hasil pengamatan di lapangan dan analisis tanah di laboratorium. Erosi dihitung dengan menggunakan persamaan USLE (Universal Soil Loss Equation) yang dikemukakan oleh Wishmeier dan Smith pada tahun 1978. Metode ini mengamati beberapa aspek seperti erosivitas, erodibilitas, faktor panjang dan kemiringan lereng serta pengelolaan tanaman dan pengelolaan konservasi. Secara umum penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, meliputi : (1) pengumpulan data dan peta, (2) pelaksanaan di lapangan dan pengambilan sampel, dan (3) analisis data dan penarikan kesimpulan arahan konservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilokasi penelitian terdapat sepuluh satuan peta lahan (SPL) dengan luas areal 6.300 ha. Erosi aktual dan erosi potensial terbesar dijumpai pada SPL 10 yaitu 226,25 ton ha-1 th-1 dan SPL 2 yaitu 1477.27 ton ha-1 th-1. Terdapat tiga klasifikasi tingkat bahaya erosi yaitu tingkat bahaya erosi sangat ringan (SR) pada SPL 3 dan 8, tingkat bahaya erosi ringan (R) pada SPL 1, 4, 5, 6 dan 7 dan tingkat bahaya erosi sedang (S) pada SPL 2, 9 dan 10 Kata Kunci : Erosi, Tahura Pocut Meurah Intan, Tingkat Bahaya Erosi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN INSEKTA NOKTURNAL DI TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (T. Ryan Bentara, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI TUMBUHAN PELETAKAN KEPOMPONG KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI KOMPLEK TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Rahmad Fajri, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERAN MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN HUTAN (STUDI KASUS KEBAKARAN HUTAN WILAYAH UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEHUTANAN ACEH PADA KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN) (MUTTAQIN, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

LICHENES DI TAMAN HUTAN RAYARNPOCUT MEURAH INTAN KABUPATEN ACEH BESAR (Nurhayati, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

STUDI FAKTOR PENYEBAB FRAGMENTASI HABITAT DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN, ACEH (DINDA NOVITA, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya