Search :
Advance

MUHAMMAD REZA. ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI UBI KAYU DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Usahatani ubi kayu merupakan salah satu tanaman pangan utama yang diusahakan oleh petani di dearah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan kelayakan dari usahatani ubi kayu di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Yang menjadi populasi adalah seluruh rumah tangga yang menanam ubi kayu di Kecamatan Lembah Seulawah berjumlah 320 KK yang tersebar dalam 3 gampong, yaitu Saree Aceh 119 KK, Suka Damai 102 KK dan Suka Mulia 99 KK. Sampel diambil 10% secara random sampling dari jumlah populasi masing-masing gampong, yang berjumlah 32 KK dengan rincian 12 KK dari Sare Aceh, 10 KK dari Suka Damai dan 9 KK dari Suka Mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tani ubi kayu di Kecamatan Lembah Seulawah menguntungkan dan layak diusahakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai keuntungan Rp13.759.354,27/petani/priode atau Rp. 21.609.783,40/Ha/priode, R/C sebesar 3,72, ROI sebesar 273%. BEP luas lahan adalah 0,17 Ha, artinya agar petani tidak mengalami kerugian, maka luas lahan minimum yang harus ditanami ubi kayu adalah 0,17 ha atau 1.700 m2, sedangkan rata-rata luas lahan garapan usahatani ubi kayu di Lembah Seulawah adalah 0,64 ha atau di atas luas lahan minimum. Kata Kunci : Keuntungan, Kelayakan, Lahan Minimum, dan Ubi Kayu

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN BENGKUANG DI DESA BLANG LAMBARO KECAMATAN ACEH BESAR (cut mutia, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN INSEKTA NOKTURNAL DI TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (T. Ryan Bentara, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Asra, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI BUAH NAGA (HYLOCEREUS COSTARICANSIS) PADA CV. KERAMBA KRUENG RNACEH DIDESA COT CUT KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (YUSRIZAL S, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERSEPSI MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN KONFLIK GAJAH-MANUSIA TERHADAP KONSERVASI GAJAH DAN HABITATNYA DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Putri Hilmayanti, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya