Search :
Advance

Mahfuz Junaidi. JUMLAH PEMOTONGAN SAPI POTONG DI RUMAH POTONG HEWAN (RPH) KEUDAH KAMPUNG PANDE TERHADAP PENYEDIAAN DAGING DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Suatu penelitian tentang Jumlah Pemotongan Sapi Potong di Rumah Potong Hewan (RPH) Keudah Kampung Pande Terhadap Penyediaan Daging di Kota Banda Aceh telah dilakukan sejak bulan Maret sampai April 2015. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan data secara sampel dengan cara Purposive Random Sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menggunakan Kuisioner dan Wawancara langsung dengan karyawan di RPH dan pedagang daging di pasar Peunayong, Setui, dan Keutapang, kemudian data yang diperoleh diolah dengan cara tabulasi dan persentase. Dari hasil kajian diperoleh, bahwa asal sapi yang diperoleh; sapi potong yang didatangkan ke RPH Keudah dari Sumatra Utara, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Aceh Besar. Bangsa sapi yang dipotong; perbandingan persentase pemotongan sapi Brahman Cross mencapai 63 persen sedangkan sapi Aceh 37 persen. Berat hidup; persentase berat hidup pada hari kamis 23 persen, jumíat 25,3 persen, sabtu 26,1 persen, dan minggu 25,6 persen. Berat karkas; persentase berat karkas paling tinggi pada hari sabtu yaitu 26,1 persen. Harga daging sapi di RPH dan di pasar; harga daging sapi di RPH untuk sapi Brahman CrossRp95.000,00 per kilogram, harga daging sapi aceh Rp100.000,00 per kilogram, sedangkan di pasar daging harga daging sapi Brahman CrossRp120.000,00 per kilogram, sapi Aceh Rp130.000,00 per kilogram. Kebutuhan konsumsi daging; RPH kota Banda aceh harus menyediakan minimal karkas daging sapi 1185,92 kilogram per hari. Peningkatan permintaan daging sapi potong di tahun 2013 dan 2014; peningkatan permintaan sapipedaging dari tahun 2013 dan 2014 adalah 180 ekor Kata kunci: Sapi Potong, Bangsa Sapi, Berat Karkas, pemotongan Sapi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

KAJIAN KEBUTUHAN SAPI POTONG UNTUK MEMENUHI KONSUMSI DAGING DI KABUPATEN PIDIERNKAJIAN KEBUTUHAN SAPI POTONG UNTUK MEMENUHIRN KONSUMSI DAGING DI KABUPATEN PIDIE (AZHARI MUHAMMAD, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

EVALUASI CARA PENYEMBELIHAN SAPI DI RUMAH PEMOTONGAN HEWAN (RPH) KEUDAH DAN LAMBARO (Bhakti Prasetia N, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH KECEPATAN PEMOTONGAN TERHADAP INTEGRITAS PERMUKAAN DENGAN PAHAT END MILL 4 SLOT PADA BAHAN ALUMINIUM (Teuku Miftah Faridl, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS KONSUMSI DAGING SAPI PADA TINGKAT RUMAH TANGGA DI PROVINSI ACEH (Zulkarnain, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

SISTEM PEMELIHARAAN SAPI POTONG DI KECAMATAN KUTA COT GLIE DAN KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (ABIZAR, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya