Search :
Advance

Hanny Herzegovina. INVENTARISASI DAN STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN GADUNG (DIOSCOREA SPP.) DI KABUPATEN ACEH UTARA. Banda Aceh : Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang jumlah jenis gadung (Dioscorea spp.) yang terdapat di Kabupaten Aceh Utara dan mendapatkan informasi etnobotani masing-masing jenis tersebut. Penelitian yang dilakukan dari bulan April hingga September 2015 ini menggunakan metode survey eksploratif dan dokumentatif untuk inventarisasi, metode purposive sampling untuk pemilihan lokasi penelitian serta metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dan snowball sampling untuk studi etnobotani. Penelitian dilakukan di 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis tumbuhan gadung yang terdapat di Aceh Utara yaitu Dioscorea alata, Dioscorea bulbifera, dan Dioscorea hispida. Jenis D. alata dan D. hispida merupakan gadung yang digunakan sebagai bahan pangan dan obat-obatan. Terdapat 18 total cara pengolahan D. alata dan D. hispida. 13 cara pengolahan pangan dan 13 cara pengolahan untuk mengobati penyakit. Jumlah pangan yang dihasilkan dari pengolahan umbi D.alata sebanyak 10 jenis masakan sedangkan pengolahan umbi D. hispida menghasilkan sebanyak 3 jenis masakan. Jumlah penyakit yang dapat diobati dari hasil pengolahan umbi D.alata sebanyak 7 jenis penyakit sedangkan hasil pengolahan umbi D. hispida dapat mengobati 2 jenis penyakit. Selain sebagai obat dan pangan D. alata digunakan sebagai pewarna makanan alami sedangkan D. hispida digunakan sebagai pengeras getah karet serta racun ikan. D. bulbifera tidak dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Aceh Utara.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

KARAKTERISASI DYE ALAMI BUAH JAMBLANG(SYZYGIUM CUMINI) DAN GADUNG UNGU (DIOSCOREA ALATA)SEBAGAI APLIKASI DYE SENSITIZED SOLAR CELL(DSSC) (Hadijah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN OBAT DI KECAMATAN TELUK DALAM KABUPATEN SIMEULUE (Raja Damai, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

STUDI ETNOBOTANI PALA DI KABUPATEN ACEH SELATAN (cut windasari, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGERINGAN SAWUT UMBI GADUNG (DIOSCOREA HISPIDA DENNST) MENGGUNAKAN PENGERINGAN KABINET DENGAN SUMBER ENERGI BIOMASSA (Yulita Hairina, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

POTENSI PRODUKSI BIOETANOL DARI UMBI GADUNG (DIOSCORE HISPIDA DENNST) (R.A. Chera Ayarizki, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya