TI ASMAK. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: hasil belajar, discovery, konvensional, ips terpadu. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dicapai melalui perbandingan model pembelajaran. penelitian ini berjudul “perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery dan konvensional pada mata pelajaran ips terpadu kelas viii smp negeri 4 banda aceh” ini mengangkat masalah yakni apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran ips terpadu di smpn 4 banda aceh? penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran ips terpadu di smpn 4 banda aceh. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smpn 4 banda aceh yang berjumlah 86 siswa. sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas viii-2

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Irfan. S, 2015) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015) ,

nyak 28 siswa dan kelas viii-3 sebanyak 28 siswa. penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre test dan post test. teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. hasil pengolahan data post test yang diperoleh adalah thitung=2,106 dan nilai ttabel pada taraf signifikan ?= 0,05 (uji satu pihak) dengan dk = + -2= 28 + 28– 2 =54 adalah 1,68. oleh karena itu terima ha jika thitung ? ttabel dengan thitung = 2,106 dan ttabel = 1,68 atau 2,106>1,68, maka h0 ditolak dan ha diterima. hal ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran ips terpadu di smpn 4 banda aceh dapat diterima

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi