Search :
Advance

Asrawati. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci : Perbandingan, Hasil Belajar Geografi, STAD,CIRC Penelitian ini tentang perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe CIRC pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh, Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan suatu teknik mengajar dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil sehingga siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe CIRC pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe CIRC pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan model pembelajaran tipe CIRC untuk materi belajar yang sama. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 53 siswa dengan dua kelas yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan kelas VIII-5 berjumlah 27 siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe CIRC. Untuk Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi dan tes, serta teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,87sedangkan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Suhernawati, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN TIPE TARI BAMBU PADA MATARNPELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIIIRNSMP NEGERI 4 BANDA ACEH (SITI ARINI RISANDI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. (Ryan Nova Pahlawan, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN 2011-2012 (, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya