Search :
Advance

Irfan. S. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, Complete Sentence, konvensional, IPS Terpadu Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentence dan Konvensional Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 17 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 238 siswa. Sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas VIII7 sebanyak 25 siswa dan kelas VIII9 sebanyak 25 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan diperoleh nilai thitung = 3,41 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk 48 diperoleh sebesar 1,68. Berarti bahwa thitung > ttabel atau 3,41 > 1,68 maka Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya