Search :
Advance

Ridha Yuniara. PENGUASAAN MATERI PECAHAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI PRASYARAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci: Penguasaan Materi Pecahan dan Kemampuan Prasyarat Penelitian yang berjudul “Penguasaan Materi Pecahan dan Hubungannya dengan Kemampuan Siswa pada Materi Prasyarat di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah: 1) Apakah penguasaan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan? 2) Apakah kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan? 3) Apakah ada hubungan penguasaan materi pecahan dengan kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui ketuntasan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh; 2) Untuk mengetahui ketuntasan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh; 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan materi pecahan dengan kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dipilih secara acak sebanyak 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan analisis statistik dan uji korelasi product moment. Hasil pengolahan data dari tes materi pecahan dengan rata-rata: = 51,86 dan ?0 = 82, didapat thitung= -10,65 dan ttabel= 1,6755 sehingga thitung < ttabel. Maka H0 diterima, artinya penguasaan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan. Hasil pengolahan data dari tes materi prasyarat dengan rata-rata: = 56,98 dan ?0 = 82, didapat thitung= -7,169 dan ttabel= 1,6755 sehingga thitung < ttabel. Maka H0 diterima, artinya kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan materi pecahan dengan kemampuan siswa pada materi prasyarat yang dapat dilihat dari korelasi = 0,62 dengan koefisien determinasi sebesar 38,44% (cukup) dan analisis regresi .

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PASAR PADA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 LHOKSEUMAWE (Sri Mulyani, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PENGUASAAN MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PERHITUNGAN HARTA WARIS DALAM ILMU FARAIDH SISWA MAS DARUZZAHIDIN ACEH BESAR (Robisa Putra, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGUASAAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (Nurul Intan M, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Suci Damawiyah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya