Search :
Advance

MAYA KARTINA. NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM SYAIR DAN GERAK TARI PHÓ DI DESA PINEM KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci : Nilai-Nilai, Syair, Gerak, Tari Phó. Penelitian ini berjudul “Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Syair dan Gerak Tari Phó di Desa Pinem Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat” mengangkat masalah bagaimana syair yang dilantunkan, bagaimana gerak dari syair yang dilantunkan dan apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam syair dan gerak tari phó di desa Pinem Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk syair, bentuk gerak dan nilai-nilai yang terkandung dalam syair dan gerak tari phó. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh adat dan budaya, pelatih, penari dan masyarakat desa pinem, dan objek dalam penelitian ini adalah bentuk syair, gerak dan nilai-nilai yang terkandung dalam tari phó. Teknik pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data dengan mereduksi, display serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk syair yang dilantunkan terdiri dari 7 bagian, yaitu saleum, peumulia jamee, shalawat nabi, kisah saidina Hasyim, doa di poma, jak manoe dan hajat di poma. Bentuk gerak dari syair yang dilantunkan juga terdiri dari 7 gerakan, yaitu gerak saleum, peumulia jamee, shalawat nabi, kisah saidina Hasyim, doa di poma, jak manoe dan hajat di poma. Mengandung nilai-nilai silaturrahmi, nilai sosial kemasyarakatan, nilai amalan dan ibadah, nilai tanggung jawab dan jihad, nilai ketauhidan dan keimanan, serta nilai kesopanan.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

BENTUK PENYAJIAN TARI PHO DI GAMPONG UJUNG PADANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (FITRI AFRIANI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

BENTUK PENYAJIAN DAN MAKNA GERAK TARI RABBANI WAHID DI DESA SANGSO KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN (Siti Fatimah, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

BENTUK PENYAJIAN TARI TRADISIONAL MADIDIK DI DESA KAMPONG AIE KECAMATAN SIMEULUE TENGAH KABUPATEN SIMEULUE (RENITA DORA LAHRA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

BENTUK PENYAJIAN TARI HASYEM MEULANGKAH DALAM UPACARA MANOE PUCOK PADA ACARA SUNAT RASUL DI DESA SEUNEULOP KECAMATAN MANGGENG ACEH BARAT DAYA (dedi suherman, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

BENTUK PENYAJIAN TARI MUNALO DI KABUPATEN BENER MERIAH (Rika yanti, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya