Search :
Advance

Rika Ramadani. KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BIVALVIA DIKAWASAN PESISIR LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci : Keanekaragaman, Pola Distribusi, Bivalvia, Pesisir Lampuyang Penelitian tentang “Pola Distribusi dan Keanekaragaman Bivalvia di Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan sejak April sampai dengan bulan September 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keanekaragaman Bivalvia di Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, (2) Untuk mengetahui pola distribusi Bivalvia di Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, dan (3) Mendeskripsikan spesies Bivalvia di pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quadrat sampling (Fachrul, 2007), sedangkan untuk menentukan pengukuran Quadrat sampling dengan teknik transek garis. Data keanekaragaman dianalisis dengan rumus indeks keanekaragaman berdasarkan Shannon-Wiener dan pola distribusi dengan menggunakan rumus indeks Morisita. Hasil penelitian adalah (1) Indeks keanekaragaman Bivalvia (H') pada lokasi penelitian adalah 1,306, (2) Indeks pola distribusi (ID) setiap jenis Bivalvia berkisar antara 1,044 - 2,736, dan (3) Deskripsi spesies Bivalvia menunjukkan perbedaan ciri morfologi pada masing-masing spesies, terutama perbedaan dari bentuk cangkang spesies Bivalvia. Kesimpulan penelitian (1) Keanekaragaman Bivalvia di Kawasan Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar adalah sedang, (2) Pola distribusi Bivalvia di Kawasan Pesisir Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar adalah mengelompok, dan (3) Deskripsi spesies Bivalvia menunjukkan perbedaan cirri morfologi pada masing-masing spesies, terutama perbedaan dari bentuk cangkang spesies Bivalvia.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

DESKRIPSI MORFOLOGI DAN POLA DISTRIBUSI SPASIAL DARI FILUM ECHINODERMATA DI PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Mawaddah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI GASTROPODA BERDASARKAN TIPE OPERCULUM DI PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Rahayu, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEANEKARAGAMAN, KESERAGAMAN, DISTRIBUSI DAN DOMINANSI INFAUNA BENTIK DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KUALA BUBON KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Riza Amru, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya