Search :
Advance

Zikrayanti. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran, Team Games Tournament Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 5 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Turnamen dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran seni tari? Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dalam pembelajaran seni tari di kelas XII IPS 2 sman 5 banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative teams games tournaments dalam pembelajaran seni tari kelas XII IPS 2 di SMAN 5 Banda Aceh. Penelitian dilakukan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain praeksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, angket respon siswa, dan soal tes. Setelah data terkumpul maka selanjutnya data ini diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir (posttest). Sebelum penerapan model pembelajaran, ada dua siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 12,15%. Setelah tindakan pembelajaran menunjukkan 12 orang siswa mencapai ketuntasan mencapai 75%. Keberhasilan juga dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa yang mencapai 100%. Kesimpulan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sangat baik diterapkan dalam pembelajaran seni tari karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service


Tulisan yang relevan

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X MAN BEUREUNUEN (Sri Astuti Ningsih, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KLEAS X MIA1 SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Yenny Kurniawati, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH (Sari Karmila, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 5 BANDA ACEH (Cut Nurul Fadila, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

TEACHING SPEAKING BY APPLYING TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS TECHNIQUE(AN EXPERIMENTAL STUDY TO SECOND GRADE STUDENTS OF MAN BEUREUNUEN) (SAFWANDI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya