Khairul Rijal. HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur serta fungsi tubuh yang lebih kompleks sebagai suatu proses pematangan yang dicapai oleh anak. anak pada masa prasekolah merupakan landasan penting yang akan mempengaruhi perkembangan anak pada masa-masa selanjutnya. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi, stimulasi, pengetahuan ibu serta sosial ekonomi orang tua dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun di tk bunda kandung aceh besar. jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. sampel pada penelitian ini berjumlah 47 anak. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 55% anak yang memiliki perkembangan normal dan 45% memiliki perkembangan dicurigai. analisis data menggunakan uji statistik chi-square (ci 95%) menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi (p= 0,043), stimulasi (p= 0,003 ) dan pengetahuan ibu (p= 0,000) dengan perkembangan anak. sedangkan sosial ekonomi orang tua

Baca Juga : HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016) ,

Baca Juga : ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK 4-6 TAHUN DI TK SATU ATAP ACEH BESAR TAHUN 2011 (Nurul Fikriani, 2014) ,

idak memiliki hubungan dengan perkembangan anak (p= 0,366). kesimpulan bahwa perkembangan anak berhubungan dengan status gizi, stimulasi, dan pengetahuan ibu. kata kunci: perkembangan anak, status gizi, stimulasi, pengetahuan ibu abstract development is the increasing of ability in structure and bodyís function to be more complex as a process that will be read by a child. the development of children in preschool age play an important role that will influence the next stage of development. the aims of this study were to identify childís nutrition, stimulation, motherís knowledge also parentís social economic and itís correlation with childís development of 4-5 years old children in bunda kandung kindergarten aceh besar. an analytic observational with cross sectional design was assigned for this study. sample of this study consist of 47 children. result showed that 55% childís development was normal, and 45% was delay. result of chi-square test (ci 95%) showed that there was significant correlation between childís nutrition (p= 0,043), stimulation (p= 0,003), and motherís knowledge (p= 0,000) with childís development. meanwhile, parentís social economic had no significant correlation with childís development (p= 0,366). from overall outcome can be concluded that childís development was influenced by childís nutrition, stimulation, and motherís knowledge. keywords: childís development, childís nutrition, stimulation, motherís knowledge

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PERKEMBANGAN BALITA DI PAUD KASIH IBU LAMTEH KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rizka Varia, S.Ked, 2015) ,

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI USIA 6 BULAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2 Ė 3 TAHUN DI PAUD KOTA BANDA ACEH (Elda Maharani, 2015) ,

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2014 (Fazillah Apriana, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi