Fitriyani. IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN SEKOLAH PADA SD KEMALA BHAYANGKARI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam pemberdayaan sekolah pada sd kemala bhayangkari kota banda aceh oleh : fitriyani nim : 1009200050043 komisi pembimbing: 1. dr. nasir usman, m. pd 2. dr. djailani ar, m. pd abstrak manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah sebagai suatu model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, peran kepala sekolah, dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam pemberdayaan sekolah pada sd kemala bhayangkari kota banda aceh. untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. prosedur analisis data adalah reduksi

Baca Juga : PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 62 KOTA BANDA ACEH (IHSAN, 2015) ,

Baca Juga : MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (HAMIDAH, 2018) ,

a, display data, dan verifikasi. sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di sd kemala bhayangkari kota banda aceh dilakukan melalui: (a) tahapan sosialisasi, (b) perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, (c) melibatkan sejumlah sumber daya pendidikan untuk ketercapaian prorgam sekolah, (d) melakukan analisis swot terhadap program pendidikan yang sudah dilaksanakan, (e) penyusunan rencana dan program kerja peningkatan mutu, dan (f) pelaksanaan program dan evaluasi; (2) peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah sudah difungsikan dengan baik dan benar, hanya saja dalam aspek manajemen tenaga kependidikan dan manajemen keuangan dan pembiayaan perannya belum dijalankan secara optimal; dan (3) faktor yang dominan yang mempengaruhi pelaksanaan mpmbs antara lain kemandirian sekolah dan manajemen pengelolaan anggaran belum dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. kata kunci: manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dan pemberdayaan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA LABOLATORIUM SCHOOL UNSYIAH BANDA ACEH (Hatta Batul Hulam Sitepu, 2015) ,

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014) ,

IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEJIKRNDALAM PEMBERDAYAAN SEKOLAH BERBASIS MUTURNPADA SMK-SPP NEGERI SAREE - ACEH (Hamdan, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi