FITRI MULYANA. VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA AIR TERJUN TINGKAT TUJUH DI KOTA TAPAKTUAN ACEH SELATANRN(PENDEKATAN TRAVEL COST). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak judul : valuasi ekonomi objek wisata air terjun tingkat tujuh di kota tapaktuan aceh selatan (pendekatan travel cost) nama : fitri mulyana nim : 1001101020033 fakultas / jurusan : ekonomi / ekonomi pembangunan dosen pembimbing : muhammad ilhamsyah siregar, s.e., m.a. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan terhdap objek wisata air terjun tingkat tujuh dan penelitian ini juga ingin mengetahui berapa nilai ekonomi objek wisata air terjun tingkat tujuh, kota tapaktuan dilihat dari biaya perjalanan (travel cost). penelitian ini di lakukan di aceh selatan tepatnya di kota tapaktuan gampong batu itam dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang pengunjung yang datang pada objek wisata air terjun tingkat tujuh. adapun model yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode ols (ordinary least square). hasil penelitian ini menunjukkan hanya satu variabel yang berpengaruh terhadap jumlah permintaan objek

Baca Juga : VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA TAMAN RUSA LAMTANJONG SIBREH ACEH BESAR DENGAN PENDEKATAN BIAYA PERJALANAN VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA TAMAN RUSA LAMTANJONG SIBREH ACEH BESAR DENGAN PENDEKATAN BIAYA PERJALANAN (MAISARAH, 2015) ,

Baca Juga : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD (Rosminiati, 2019) ,

ta air terjun tingkat tujuh yaitu biaya perjalanan (biaya konsumsi, biaya konsumsi di jalan, bbm, hotel / penginapan dan biaya-biaya lainnya yang di anggap relevan). nilai surplus konsumen diperoleh sebesar rp. 120.796,47 per individu per tahun. sehingga nilai ekonomi objek wisata air terjun tingkat tujuh sebesar rp 499.493,403 per tahun. pengembangan objek wisata air terjun tingkat tujuh perlu ditingkatkan lagi. yaitu dengan cara melakukan promosi agar pengunjungnya lebih ramai lagi dan membuat sarana dan prasana yang lebih baik lagi, agar pengunjung merasa nyaman dan ingin kembali lagi untuk berkunjung ke objek wisata air terjun tingkat tujuh. kata kunci : permintaan pariwisata, metode biaya perjalanan, surplus konsumen nilai total ekonomi, ols, objek wisata air terjun tingkat

Tulisan yang relevan

PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP TEMPAT WISATA DANAU LAUT TAWAR DENGAN PENDEKATAN ANALISIS KONJOIN (Ikram, 2015) ,

PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN AIR DINGIN SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA. (STUDI DI GAMPONG LOEK PAWOH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN). (RESTU RAHMI, 2016) ,

LUMUT TERESTERIAL DI KAWASAN WISATA AIR TERJUN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Erin Juwita, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi