desi aulia purnama. PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LAMPEUNERUT. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : model direct instruction, hasil belajar penelitian ini berjudul “ pengaruh model direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas v sekolah dasar negeri lampeunerut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya dikelas v sekolah dasar negeri lampeunerut. adapun tujuan penelitian ini adalah: ”untuk mengetahui pengaruh model direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas v sekolah dasar negeri lampeunerut”. populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas v sekolah dasar negeri lampeunerut aceh besar yang terdiri dari tiga kelas va, vb, dan vc yang berjumlah 74 orang. untuk pengambilan sampel dilakukan dengan cara random (acak), setelah dirandom terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (25 orang) dan kelas kontrol (25 orang). pendekatatan dalam penelitian ini adalah

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Debrina Yulista, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013) ,

katan kuantitafif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pre-test dan post- test. teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. dimana apabila tolak ho dan terima h1 jika thitung >ttabel,terima ho dan tolak h1 jika thitungttabel maka tolak ho dan terima h1 pada taraf signifikan ? = 0,05. dengan demikian data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model direct instruction lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model direct instruction pada materi sifat-sifat cahaya di sekolah dasar negeri

Tulisan yang relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (karmila, 2014) ,

PENGARUH METODE DEMONTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH (IQBAL, 2014) ,

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SDN 69 BANDA ACEH (asmara, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi