annisa istiqamah. PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: mind mapping, mindjet mindmanager, hidrolisis garam penelitian yang berjudul “penerapan metode mind mapping berbasis media mindjet mindmanager terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di sma negeri 4 kota banda aceh” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan tanggapan siswa melalui penerapan metode mind mapping berbasis media mindjet mindmanager. jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. hasil mind mapping siswa dalam penelitian ini digunakan sebagai tugas yang harus dikerjakan siswa setelah proses belajar mengajar dilakukan. hasil tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di akhir pertemuan. lembar aktivitas siswa dan tanggapan siswa digunakan sebagai data pendukung dalam penelitian ini. pengolahan data secara kualitatif dalam bentuk persentase dan analisis data yang digunakan dalam korelasi antara mind mapping dengan hasil tes belajar

Baca Juga : PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALIS VEKTOR UNTUK GERAK DI SMAN.12 BANDA ACEH (Adhisty Radina, 2016) ,

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING MENGGUNAKAN MINDJET MINDMANAGER PADA MATERI KONSEP MOL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Fatria Alfajar, 2019) ,

siswa adalah menggunakan rumus korelasi product moment. siswa yang membuat mind mapping dengan kategori sangat terampil sebesar 38,709%, terampil sebesar 38,709%, cukup terampil sebesar 0% dan tidak terampil sebesar 22,58. hasil tes menunjukan siswa yang tuntas sebesar 87,09% dan siswa yang tidak tuntas sebesar 12,91%. hasil analisis korelasi antara mind mapping dengan hasil tes belajar siswa menunjukkan tidak ada hubungan yang positif antara hasil mind mapping siswa dengan hasil tes belajar siswa (ho diterima). persentase aktivitas siswa selama proses belajar mengajar yaitu 90,62%. persentase siswa yang memberikan tanggapan positif sebesar 77,78% sedangkan yang memberikan tanggapan negatif sebesar 22,22%. berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berbasis media mindjet mindmanager dapat menuntaskan hasil belajar siswa, menimbulkan dampak aktivitas siswa yang sangat baik, dan tanggapan siswa yang cukup

Tulisan yang relevan

PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Rahmidar Purnama Sari, 2017) ,

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM RNKELAS XI SMAN 2 BANDA ACEH (syarifah asyura, 2014) ,

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi