Search :
Advance

Ernawati.ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci : Analisis Butir Soal, Ujian Semester Ganjil Pemilihan alat evaluasi yang baik sangat penting dan harus diperhatikan. Salah satu cara untuk menentukan baik tidaknya alat evaluasi adalah dengan melakukan analisis butir soal. Penelitian yang berjudul “Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014” ini mengangkat masalah bagaimana kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran matematika kelas VII di SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari tujuh kelas. Dari populasi tersebut, dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII2 yang siswanya berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu berupa lembar jawaban matematika siswa kelas VII pada ujian semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal bentuk choise dan essay sudah baik yaitu pada soal choise 15% tergolong mudah, 52,5% sedang, 32,5% sukar. Sedangkan pada soal essay 20% mudah, 60% sedang dan 20% sukar. Ditinjau dari daya beda, untuk soal choise belum baik yaitu 32,5% tergolong jelek, 22,5% cukup, 22,5% baik, 2,5% baik sekali dan 20% sangat jelek. Sedangkan untuk soal essay sudah baik yaitu 20% jelek, 20% cukup dan 60% baik. Untuk pola jawaban soal dari segi distraktor sudah baik yaitu 60% berfungsi dengan baik dan 40% perlu direvisi dan ditinjau dari segi omit sudah baik. Butir soal pilihan ganda yang mengacu pada ranah kognitif C1 sebesar 7,5%, C2 77,5%, C3 15%, untuk soal bentuk essay C1 sebesar 20%, C2 40%, C3 40%, sedangkan C4, C5 dan C6 baik pada soal pilihan ganda maupun essay tidak ada sama sekali (0%).


Tulisan yang relevan

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER I (GANJIL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (fikriatinur, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS BUTIR SOAL PELAJARAN MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012-1013 DI KELAS V SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (nurbayani, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fifi Fajar, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER II (GENAP) BUATAN GURU MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Agustina, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 66 BANDA ACEH (Nina Zikrina, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya