Masykur. ANALISIS ARUS JENUH DASAR PADA SIMPANGRNBERSINYAL BERLENGAN EMPAT DENGAN LALU LINTASRNCAMPURAN DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Analisis arus jenuh dasar pada simpang bersinyal berlengan empat dengan lalu lintas campuran di kota banda aceh oleh : masykur nim. 1209200060090 komisi pembimbing : 1. dr. renni anggraini, st. m.eng 2. dr. irin caisarina, st. m. sc abstrak pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor menimbulkan banyak masalah lalu lintas. masalah yang terjadi salah satunya adalah konflik di persimpangan. pemecahan dari masalah ini dimulai dari pengamatan alat pengaturnya yang dipengaruhi oleh arus jenuh dasar kendaraan yang menurut manual kapasitas jalan indonesia (mkji, 1997) mempunyai rumus so = 600 x we. namun rumus ini bukanlah hal yang mutlak, tapi dapat dimodifikasi sesuai dengan lebar efektif lengan simpang. dengan adanya perubahan rumus tersebut, maka perlu diteliti lebih lanjut tentang arus jenuh ini serta dibandingkan hasil perhitungan empiris dengan hasil perhitungan data di lapangan. penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh dari kondisi arus lalu lintas campuran

Baca Juga : STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANGRNPADA SIMPANG BERSINYAL BERLENGAN EMPATRNDI KOTA BANDA ACEH (Ika yusra, 2014) ,

Baca Juga : ANALISIS SENSITIVITAS ARUS JENUH TERHADAP DERAJAT KEJENUHAN PADA SIMPANG LIMA KOTA BNDA ACEH (Safra Fasya, 2013) ,

terhadap lebar efektif lengan simpang dan memodelkan arus jenuh dasar dengan mengakomodir kondisi aktual lalu lintas untuk tipe simpang terisolasi di kota banda aceh. konsep pergerakan antar dan intra lajur (non lane based movements) diperkenalkan dan menjadi asumsi dalam memodelkan arus jenuh simpang. penelitian ini menggunakan metode regresi linear sederhana. hasil memperlihatkan, model arus jenuh dasar hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memprediksi arus jenuh dasar simpang, terutama untuk tujuan disain dan pengoperasian simpang. validasi memperlihatkan model 1 (so=523we) dan model 2 (so=773+417we) dapat diterima dengan tingkat kesalahan maksimum 2.0% (rmspe) dan maksimum deviasi 185 smp/jam (rmse) dan valid untuk simpang dengan efektif lengan bervariasi dari 4,5-8,5m. kata kunci: arus jenuh dasar, simpang terisolasi, lalu lintas campuran, lebar efektif lengan simpang, model arus jenuh

Tulisan yang relevan

ANALISIS SENSITIVITAS ARUS JENUH DASAR TERHADAP KAPASITAS SIMPANG LIMA KOTA BANDA ACEH (Mufida, 2013) ,

ANALISIS SATUAN RODA DUA (SRD) PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) DI SIMPANG JAMBO TAPE (ROSA SAJIDA, 2019) ,

ANALISA KAPASITAS DAN TINGKAT KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERLENGAN EMPAT (STUDI KASUS PADA SIMPANG TIGA LAMTEUMEN KOTA BANDA ACEH) (Zoel Fajri Alamsah, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi