Search :
Advance

Raudhatul Jannah.PROSEDUR PEMBAYARAN KAPITASI KE FASILITAS KESEHATAN TINGKAT I PADA BPJS KESEHATAN KC. BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

RINGKASAN Laporan Kerja Praktek (LKP) merupakan tugas akhir mahasiswa Diploma III Akuntansi Universitas Syiah Kuala yang melaksanakan kerja praktek di BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh selama 2 (dua) bulan. BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang menyediakan jasa asuransi kesehatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Penulisan LKP ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembayaran kapitasi, fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I yang bekerja sama, serta tarif-tarif yang digunakan untuk melakukan pembayaran ke fasilitas kesehatan tingkat I. Penelitian LKP ini dilakukan berdasarkan data-data dari kelima kabupaten/kota wilayah kerja BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh. Wilayah kerja yang termasuk dalam BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh adalah Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Pidie Jaya. Berdasarkan penelitian, BPJS Kesehatan KC. Banda Aceh melakukan kerja sama dengan faskes tingkat I di kelima kabupaten/kota. Kerja sama antara BPJS Kesehatan dan faskes tingkat I dituangkan dalam perjanjian antara pemilik faskes dengan BPJS Kesehatan. Kerja sama hanya dilakukan dengan faskes-faskes tingkat I yang sesuai dengan kriteria. Faskes tingkat I dan BPJS Kesehatan menentukan tarif-tarif sesuai dengan kriteria pelayanan kesehatan, seperti berapa jumlah dokter umum dan/atau dokter gigi, adanya laboratorium, serta adanya fasilitas yang lengkap. Pembayaran yang dilakukan ke faskes tingkat I menggunakan sistem kapitasi, dimana pembayaran dilakukan setiap bulan berdasarkan jumlah peserta, baik peserta berobat atau tidak dalam bulan tersebut. Pembayaran ini dilakukan sesuai dengan prosedur yang dimulai dari penetapan jumlah kapitasi, persiapan pembayaran kapitasi, hingga proses pembayaran kapitasi. Pembayaran kapitasi di transfer ke faskes yang bekerja sama setiap bulannya maksimal sampai tanggal 15 setiap awal bulan. Setelah ditransfer, kemudian pihak BPJS Kesehatan melakukan pemberitahuan ke faskes tingkat I yang dituju.


Tulisan yang relevan

SISTEM ARSIP PADA BPJS KESEHATAN CABANG BANDA ACEH (Indira Karlita, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN PEMBAGIAN DANA KAPITASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DAN MOTIVASI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KINERJA DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALLAM BANDA ACEH (Ridwan, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PROSEDUR LAYANAN BAGI PESERTA BPJS PADARNBPJS KESEHATAN BANDA ACEH (DEFRIZAL WAHYUDI SOFYAN, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (m. chalis, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

WILLINGNESS TO PAY (WTP) FASILITAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH (Sabila Fildzah, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya