rahmat ikhsan saputra. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA RNMATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA RNDI KELAS V SD NEGERI 3 LAMSAYUEN RNACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci:hasil belajar siswa,model kooperatif make a matc penelitian ini berjudul:penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di kelas v sd negeri 3 lamsayuen aceh besar bentuk penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas(ptk).adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif pada materi keragaman suku bangsa dan budaya dalam pembelajaran ips dapat mengetahuihasil belajar siswa kelas v sd negeri 3 lamsayuen aceh besar? tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatife make a match pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di kelas v sd negeri lamsayuen aceh besar. penelitian ini dilakukan pada siswa kelas v di sd negeri lamsayuen aceh besar. subjek penelitian adalah siswa kelas v sengan jumlah 20 terdiri atas 9 siswa laki-laki

Baca Juga : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT (THOMAS HERMANTO, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014) ,

dan 11 siswa perempuan pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan melalui tes dan observasi. data hasil tes dan observsi dianalisis/diolah dengan statistik persentase. berdasarkan aktifitas guru dapat dilihat dari hasil pengamatan pada siklus i = 3.38; dengan katagori cukup. siklus ii=4.38; dengan katagori baik. siklus iii=4.69 dengan katagori sangat baik. aktivitas siswa pada siklus i sebesar 3.90 dengan katagori cukup, siklus ii sebesar4.27 dengan katagori baik, siklus iii = 4.81 dengan katagori sangat baik hasil belajar siswa, siklus i yaitu 75.5%, siklus ii yaitu 80.5% dan siklus iii = 90% kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat mengetahui aktifitas siswa, guru dan hasil belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di kelas v sd megeri 3 lamsayeun aceh

Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015) ,

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARRNIPS KELAS VII-4 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (RAHIMAH, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA PADA SISWA KELAS X6 RNMAN RUKOH BANDA ACEH (AL MUNA WARAH N, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi