Nurul Maisura. PENERAPAN PENDEKATAN KONSEP KECERDASAN PERSPEKTIF HOWARD GARDNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: konsep kecerdasan, perspektif howard gardner, hasil belajar pendidikan mengupayakan pembelajaran yang efektif dan mampu meningkatkan kualitas siswa dalam hasil belajarnya. pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konsep kecerdasan dimaksudkan untuk mengenal karakter dan menemukan kemampuan siswa dalam belajarnya. dua jenis konsep kecerdasan perspektif howard gardner yakni kecerdasan linguistik dan kecerdasan visual spasial diterapkan sebagai pendekatan dalam pembelajaran geografi untuk materi hidrosfer. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas vii-1 terhadap pelajaran geografi, (2) kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, (3) aktifitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar dan (4) respon siswa kelas vii-1 terhadap pembelajaran dengan penerapan pendekatan konsep kecerdasan perspektif howard gardner di smp negeri 9 banda aceh. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya

Baca Juga : HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016) ,

Baca Juga : HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017) ,

kelas vii-1. teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif kualitatif. berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat dikatakan bahwa (1) pembelajaran dengan penerapan konsep kecerdasan perspektif howard gardner dapat meningkatkan hasil belajar, sebanyak 10 siswa memiliki persentase soal dengan jawaban benar 70-80% pada siklus pertama, 19 siswa dengan persentase soal benar 70-90% pada siklus kedua dan 28 siswa dengan persentase soal benar 80-100% pada siklus ketiga serta ketuntasan klasikal sebesar 31,25% pada siklus pertama, 54,37% pada siklus kedua dan 87,5% pada siklus ketiga, (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan skor sebesar 2,9 pada siklus pertama, 3,2 pada siklus kedua dan 3,7 pada siklus ketiga, sehingga dikategorikan sangat baik, (3) aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran dengan pendekatan konsep kecerdasan linguistik dan visual-spasial perspektif howard gardner, (4) respon siswa menggambarkan siswa tertarik (92%), berminat (89,5%) dengan pembelajaran dan memperjelas materi ajar (84%).

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM (M. Rizki Ramadhan, 2018) ,

PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 10 KOTA BANDA ACEH (Meutiara Dini Marpaung, 2018) ,

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi