FITTRI REJEKI. ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BAKU DALAM KARANGAN SISWA DI KELAS IV SD COT JEUMPA LHOONG ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak rejeki, fittri. 2019. analisis kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan siswa di kelas iv sd cot jeumpa lhoong aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. bukhari, m.pd., (2) dra. rosma elly, m.pd kata kunci : kata baku, karangan. kesalahan penulisan kata baku yang kurang tepat sering terjadi dalam tulisan siswa. bahkan sepertinya mereka sudah terbiasa menulis tanpa memperhatikan bahasa baku. rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan siswa di kelas iv sd cot jeumpa lhoong aceh besar. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan siswa di kelas iv sd cot jeumpa lhoong aceh besar. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa

Baca Juga : PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH MENULIS KARANGAN NARASI DALAM BAHASA ACEH (MUSTABSYIRAH, 2015) ,

pada kelas iv sd cot jeumpa, lhoong aceh besar yang berjumlah 25 orang siswa. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. tes yang dilakukan adalah membuat karangan bebas. berdasarkan analisis data yang dilakukan, menunjukkan kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan untuk keseluruhan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 63,28. kesimpulan pada penelitian ini adalah siswa kelas iv sd cot jeumpa lhoong aceh besar masih melakukan kesalahan penggunaan kata baku dalam karangan, sebagian dari siswa. dan ada satu siswa yang membutuhkan perhatian lebih dari guru. hal ini disebabkan siswa belum tepat menggunakan ejaan dengan benar, belum tepat menggunakan kata ulang, belum tepat menggunakan afiksasi, dan belum tepat menggunakan kata majemuk. disarankan bagi guru untuk memperhatikan kaidah penulisan dalam setiap pembelajaran, karena kegiatan menulis merupakan kegiatan yang dijumpai setiap hari disemua pembelajaran, agar siswa tidak melakukan kesalahan dalam menggunakan kata baku.

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP MUSLIMAT SAMALANGA MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF (Nurmutia Herlina, 2018) ,

KEMAMPUAN MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DALAM KARANGAN OLEH SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR (RAHMAT REZA, 2018) ,

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN RUMAH SISWA DAN TANPA MEDIA LINGKUNGAN RUMAH SISWA DI KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Rasmianti, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi