Wardia Rahmi. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA VI CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 56 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak rahmi, wardia. 2019. penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada tema vi cita-citaku kelas iv sekolah dasar negeri 56 banda aceh. skripsi. jurusan pendidikan guru sekolah dasar. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. fauzi, m.pd (2) drs. husin, m.pd kata kunci : model snowball trhowing, peningkatan hasil belajar dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukan model-model pembelajaran yang dipandang mampu mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas mengajar dan kesulitan belajar siswa. rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran snowball throwing pada tema vi cita- citaku di kelas iv sekolah dasar negeri 56 banda aceh?, (2) bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran snowball throwing pada tema vi cita-citaku di kelas iv sekolah dasar negeri 56 banda aceh?, (3) apakah penerapan model

Baca Juga : EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWWA PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH (siti hafizah, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013) ,

pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema vi cita- citaku di kelas iv sekolah dasar negeri 56 banda aceh?. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas iv di sekolah dasar negeri 56 banda aceh tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. hasil penelitiandiperoleh bahwa: (1) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus i adalah baik dengan nilai rata-rata (3,52) dan pada siklus ii terjadi peningkatan yang baik dengan nilai rata-rata (4,26), (2) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus i di katagorikan baik yaitu (3,53) sedangkan pada siklus ii dikategorikan baik dan terjadi peningkatan menjadi (4,28), dan (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball trhowing pada tema cita-citaku siklus i dengan ketuntasan klasikal 48% dan pada siklus ii terjadinya peningkatan sangat baik dengan presentase ketuntasan 87%. jadi dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan ada peningkatan aktivitas siswa dan guru dalam proses

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNETIK DI KELAS XII-IA2 SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (sri wahyuni, 2015) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi